Simak Tips Mahasiswa yang Ingin Berbisnis Tapi Tak Punya Modal

Mencari penghasilan tambahan lewat berbagai usaha, tampak bukan lagi menjadi hal yang aneh bagi kaum milenial saat ini.

Simak Tips Mahasiswa yang Ingin Berbisnis Tapi Tak Punya Modal
ISTIMEWA/Shutterstock
Ilustrasi bisnis start up 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTAM.COM, KEBAYORAN BARU - Mencari penghasilan tambahan lewat berbagai usaha, tampak bukan lagi menjadi hal yang aneh bagi kaum milenial saat ini.

Tak jarang, banyak mahasiswa atau pelajar kini mulai mempelajari kiat-kiat berbisnis sukses dengan membuka usaha kecil-kecilan melalui kegiatan berjualan di media sosial untuk mencari tambahan uang jajan.

Nah bicara soal bisnis, Fauzan Gani selaku Founder and CEO Doogether punya tips atau cara membuka usaha tanpa modal yang besar bagi kamu para mahasiswa ataupun pelajar.

"Modal itu sebenernya ada dua cara. Pertama kita modal individu, atau modal dengan orang lain. Kalau pada saat berbisnis pakai modal orang lain, kita menanggung tanggung jawab lebih besar. Kalau aku boleh saran, seharusnya teman-teman ini start dari diri sendiri dulu," ujar Fauzan dalam acara HiLo Marketer Academy 2019, Kamis (8/1/2020).

Dalam menyiasati minimnya modal ketika membuka usaha, ia mengatakan memang bisa dilakukan dengan cara kerjasama bersama orang lain.

Namun, jika kita termasud pemula dalam berbisnis sebaiknya cara ini dihindari.

Sebab, selain masih belajar, membuka usaha bersama orang lain juga memiliki tanggung jawab yang lebih besar ketimbang saat membuka usaha secara pribadi.

Ia pun menganjurkan agar anak-anak milenial atau generasi Z pintar-pintar melihat peluang dan memanfaatkan kemampuan yang dimilikinya.

"Contohnya saat saya kuliah, saya distribusi buku bekas. Caranya gimana? kan kita selalu ganti semester, nah buku yang sebelumnya gak dipakai dong. Saya kumpulin semua 'heh daripada buku lu gak kepake, sini simpen di gue nanti gue jual di semester depan' yaudah," kata Fauzan.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved