Breaking News:

Awal Tahun 2020 Jakarta Dikepung Banjir

Pemprov DKI Dianggap Tak Serius Tangani Banjir, Fraksi NasDem Dorong Pembentukan Pansus Banjir

Pansus Banjir yang dibentuk oleh DPRD nantinya akan mencari data dan fakta banjir yang merendam sebagian wilayah ibu kota pada 1 Januari lalu.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci | Editor: Erik Sinaga
TRIBUNJAKARTA.COM/MUHAMMAD RIZKI HIDAYAT
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah (kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (kanan), saat ikut kerja bakti di pemukiman warga RT 09 RW 07, kelurahan Makasar, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Anggota DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh menilai Gubernur Anies Baswedan tak serius dalam menanganan banjir yang menerjang sebagian wilayah ibu kota di awal tahun 2020.

Hal inilah yang disebutnya menjadi dasar fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta terus mendorong pembentukan panitia khusus (Pansus) banjir.

"Artinya ini kami melihat Pemprov seperti tidak ada keseriusan menghadapi banjir. Siap atau tidak menghadapi banjir," ucapnya, Jumat (10/1/2020).

Politisi NasDem ini pun menyebut Pansus Banjir yang dibentuk oleh DPRD nantinya akan mencari data dan fakta banjir yang merendam sebagian wilayah ibu kota pada 1 Januari lalu.

Terlebih, Nova menjelaskan, Pemprov DKI terlihat sangat siap dan yakin saat mempresentasikan kesiapan menghadapi banjir dihadapan Komisi D DPRD DKI pada Desember silam.

"Kemarin saat 23 Desember di Komisi D paparan mereka si bagus semuanya. Kemudian, pas terjadi seperti ini ada saja, pompa rusak lah," ujarnya.

Ia pun berharap, pembentukan Pansus Banjir ini dapat efektif menanggulangi banjir yang kerap melanda Jakarta setiap musim hujan.

"Kalau sekadar evaluasi saja tidak ada efek jera. Kalau Pansus kan di 2021 tidak terjadi lagi," kata dia

Seperti diketahui, wacana pembentukan Pansus Banjir ini sendiri pertama kali diungkapkan oleh Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco.

Hal ini ia ungkapkan usai meninjau sejumlah lokasi terdampak banjir di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat beberapa waktu lalu.

Soal PT Moda Transportasi Integrasi Jabodetabek, Dirut MRT Jakarta: 51 Persen Kam, 49 Persen KAI

Polisi Amankan 2 Orang Pemakai Narkoba di Jakarta Pusat

Update Harga Kebutuhan Pokok di Bekasi, Cabai Masih Sentuh Rp65.000 Per Kilogram

"Kalau perlu kita bikin Pansus Banjir demi mencari kebenaran dan fakta di lapangan apa penyebab sebenarnya banjir ini dan siapa yang harus bertanggung jawab secara keseluruhan," ucapnya, Selasa (7/1/2020).

Ia pun menyebut, DPRD DKI siap mengawal Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya dalam mengatasi banjir yang menerjang sebagian besar wilayah ibu kota.

"Percayakan kami yang hari ini meluangkan waktu ke sini. Kami akan serius mengawal ini sampai kapan pun, sampai kita mendapat solusi permalasahan yang tepat," ujarnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved