Breaking News:

Deretan Reaksi Dunia Atas Pengakuan Iran Tembak Jatuh Pesawat Sipil Ukraina

Iran menyebut senjata pertahanan udara ditembakkan dalam kewaspadaan setelah serangan rudal Iran terhadap target AS di Irak.

Iranian Students News Agency (ISNA) via Kompas.com
Pesawat Ukraina jatuh di Iran 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sabtu (11/1) Iran mengakui telah menembak jatuh sebuah pesawat Ukraina yang menewaskan seluruh penumpang sebanyak 176 jiwa.

Iran menyebut senjata pertahanan udara ditembakkan dalam kewaspadaan setelah serangan rudal Iran terhadap target AS di Irak.

Berikut ini beberapa reaksi dunia terhadap pengakuan Teheran tersebut:

PRESIDEN UKRAINIA VOLODYMYR ZELENSKIY 

"Saya bersikeras segera menyelesaikan identifikasi mayat dan kepulangan mereka ke Ukraina," tulisnya di Twitter setelah berbicara dengan Presiden Iran Hassan Rouhani. "Para pelaku harus dimintai pertanggungjawaban."

Dalam pidato yang disiarkan televisi, ia mengatakan temuan para ahli Ukraina di Iran berarti bahwa kebenaran tentang kecelakaan itu tidak dapat disembunyikan.

PERDANA MENTERI KANADA JUSTIN TRUDEAU

"Apa yang Iran akui sangat serius. Menembak sebuah pesawat sipil, mengerikan. Iran harus mengambil tanggung jawab penuh," kata Trudeau pada konferensi pers.

"Kanada tidak akan beristirahat sampai kita mendapatkan pertanggungjawaban, keadilan, dan penutupan yang layak diterima keluarga."

PERDANA MENTERI INGGRIS BORIS JOHNSON

Halaman
123
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved