Rasa Lelah Tak Kunjung Sembuh Meski Sudah Beristirahat, Waspada, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Waktu untuk beristirahat adalah hal yang paling dibutuhkan bagi tubuh ketika rasa lelah tersebut datang.

Rasa Lelah Tak Kunjung Sembuh Meski Sudah Beristirahat, Waspada, Bisa Jadi Ini Penyebabnya
KOMPAS.COM
Ilustrasi lelah 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Rasa lelah usai melaksanakan berbagai aktivitas, merupakan hal yang wajar.

Waktu untuk beristirahat adalah hal yang paling dibutuhkan bagi tubuh ketika rasa lelah tersebut datang.

Namun, wajarkah jika rasa lelah tak kunjung hilang meskipun sudah beristirahat?

Jawabannya tidak sama sekali. Praktisi Kesehatan dari Rumah Sakit St.Carolus dr. Laurentius Aswin Pramono mengatakan, rasa lelah yang tak kunjung hilang merupakan ciri dari penyakit Chronic Fatigue Syndrome atau sindrom kelelahan kronis.

Penyakit ini, muncul akibat kelelahan yang berlebihan sehingga menyebabkan stress dan membuat tubuh menjadi tidak bugar ketika melaksanakan berbagai aktivitas.

"Sindrom lelah kronis, atau Chronic Fatigue Syndrome, itu (gejalanya) sudah istirahat tapi gak pulih-pulih tenaganya. Itu psikologis," kata dr. Aswin, Senin (13/1/2020).

Bekerja dengan waktu yang berlebihan, atau overwork menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan bermunculan.

Selain masalah fisik, termaksud juga dengan masalah mental seperti rasa depresi, stress, hingga kemudian berkembang menjadi penyakit kritis.

Ia pun menegaskan bahwa penyakit tidak menular yang disebabkan oleh faktor gaya hidup seperti kasus tersebut juga beresiko berkembang menjadi penyakit kritis apabila tidak ditangani dengan segera.

"Solusinya apa? tentu mesti healing fisik maupun mental. Support dari keluarga, support diri sendiri dengan istirahat, nonton bioskop lah, makan enak bersama teman-teman, itu hal-hal yang menyenangkan dia secara mentally, secara psikologis. Ya liburan, liburan itu perlu lho," kata dia.

Ia pun menyarankan agar orang-orang dengan beban pekerjaan yang berlebihan untuk segera melakukan penyegaran baik secara fisik dan pikiran agar terbebas dari rasa stress berlebih atau Sindrom Kelelahan Kronis.

Caranya, bisa dengan melaksanakan liburan, melaksanakan kegiatan menyenangkan bersama keluarga, istirahat cukup, serta tidak lupa melakukan medical check up untuk menghindari berbagai penyakit yang berkembang di tubuh.

"Penyakit kritis bisa disebabkan oleh penyakit menular ataupun tidak menular juga. Yang kecil pun bisa jadi kritis apabila tidak ditangani," bebernya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved