Cara yang Salah Membersihkan Komedo Bisa Merusak Wajah Lho

Pasalnya membersihkan komedo dengan cara yang tidak tepat ternyata bisa berdampak buruk bagi kulit wajah loh.

Cara yang Salah Membersihkan Komedo Bisa Merusak Wajah Lho
ISTIMEWA/Instagram @dr.haekalanshari
dr. Haekal Anshari membagikan tips mengenai cara membersihkan komedo dengan baik dan benar. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, SETIABUDI - Komedo adalah gumpalan minyak, kotoran dan bakteri yang menyumbat pori-pori. Komedo yang membandel sering kali membuat kita merasa kurang percaya diri.

Selain mengganggu penampilan, hadirnya komedo juga terkadang membuat diri merasa tak nyaman karena menyebabkan teksur kulit wajah menjadi kasar dan tidak halus.

Namun nampaknya kamu harus berhati-hati nih.

Pasalnya membersihkan komedo dengan cara yang tidak tepat ternyata bisa berdampak buruk bagi kulit wajah loh.

Aesthetic Anti Aging and Sexologist Specialist dr. Haekal Anshari mengatakan bahwa membersihkan komedo secara paksa bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan mudah terluka.

"Hal yang penting untuk diperhatikan saat membersihkan komedo sebetulnya adalah tidak menggunakan jari tangan karena dapat membawa lebih banyak kotoran dan bakteri. Mencabut komedo dengan paksa juga sangat tidak disarankan," kata dr. Haekal, Selasa (14/1/2020).

Mencabut komedo dengan bantuan alat khusus seperti pinset, sebetulnya boleh-boleh saja untuk dilakukan asalkan bersih dan steril dari berbagai kotoran.

Namun sebagai catatan, dr. Haekal mengatakan bahwa sebaiknya komedo tidak dicabut secara paksa karena bisa menyebabkan kulit wajah menjadi terluka hingga mengundang terjadinya infeksi kuman pada kulit.

"Selain itu juga tidak hanya membuat pori-pori bertambah besar, namun juga dapat menimbulkan scar atau bopeng pada kulit wajah," kata dia.

Ia pun menyarankan agar kegiatan membersihkan komedo dilakukan saat pori-pori wajah dalam keadaan terbuka.

Caranya, yakni dengan membersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat atau uap air hangat.

"Bersihkan dulu wajah dengan air hangat atau uap air hangat agar pori-pori terbuka sehingga komedo mudah dikeluarkan. Setelah itu jangan lupa oleskan krim anti iritasi atau pelembab untuk menenangkan kulit," kata dr. Haekal.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved