Targetkan Revitalisasi Trotoar Sepanjang 97 Kilometer, Pemprov DKI Siapkan Dana Rp 1,056 Triliun

Dana sebesar Rp 1,056 triliun yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 pun telah disiapkan untuk proyek revitalisasi.

Targetkan Revitalisasi Trotoar Sepanjang 97 Kilometer, Pemprov DKI Siapkan Dana Rp 1,056 Triliun
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Kondisi terkini proyek revitalisasi trotoar di Jalan Cikin Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Bina Marga menargetkan melakukan revitalisasi trotoar sepanjang 97 kilometer pada tahun 2020 ini.

Dana sebesar Rp 1,056 triliun yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 pun telah disiapkan untuk proyek revitalisasi tersebut.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, revitalisasi ini merupakan kelanjutan dari program serupa yang telah dijalankan sejak 2019 lalu.

"Tahun ini (targetnya) 97 kilometer dengan anggaran untuk trotoar sebesar Rp 1,056 triliun," ucapnya, Rabu (15/1/2020).

Revitalisasi trotoar ini akan difokuskan di kawasan yang masuk zona integrasi moda transportasi umum di Jakarta.

Seperti di sepanjang Jalan MT Haryono, Jalan KH Mas Mansyur, Jalan Pramuka, dan Jalan Gatot Subroto.

"Kami fokus ke daerah yang terintegrasi antar moda dulu, seperti model di Cipete. Kemudian di Antasari juga seperti itu," ujarnya saat dikonfirmasi.

"Jadi rencananya itu memang akan kita ubah dulu," tambahnya.

Sementara itu, ruas Jalan Sabang yang berada di wilayah Menteng, Jakarta Pusat belum masuk dalam rencana revitalisasi trotoar di tahun 2020 ini.

"Untuk Jalan Sabang belum (masuk rencana revitalisasi) ya," kata Hari.

Untuk diketahui, proyek revitalisasi trotoar ini sendiri sudah diamanatkan dalam Instruksi Gubernur (Ingub) Nonor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara.

Dalam Ingub tersebut, disebutkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan Dinas Bina Marga untuk merevitalisasi trotoar di 25 ruas jalan protokol, arteri, maupun penghubung.

Pada tahun 2019 lalu, Dinas Bina Marga telag memulai revitalisasi trotoar di 10 ruas jalan, yaitu di Jalan DR. Satrio, Jalan Otto Iskandardinata, Jalan Matraman Raya, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Kramat Raya, dan Jalan Salemba Raya.

Kemudian, Jalan Cikini Raya, Jalan Latumenten, Jalan Danau Sunter Utara, Jalan Yos Sudarso, dan Jalan Kemamg Raya juga telah direvitalisasi.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved