Cari Solusi Terbaik, Kepala Balai Wyata Guna Jelaskan Revitalisasi Fungsional 

Menurut Kepala Balai Wyata Guna, Sudarsono, saat ini balai yang dipimpinnya dalam proses revitalisasi fungsional yang merupakan program nasional.

Cari Solusi Terbaik, Kepala Balai Wyata Guna Jelaskan Revitalisasi Fungsional 
Tribun Jabar/M Syarif Abdussalam
Kepala BRSPDSN Wyata Guna Sudarsono 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Meluruskan polemik yang terjadi di media dan media sosial, Balai Rehabiltiasi Sosial Wyata Guna, Bandung angkat bicara.

Menurut Kepala Balai Wyata Guna, Sudarsono, saat ini balai yang dipimpinnya dalam proses revitalisasi fungsional yang merupakan program nasional untuk mengoptimalkan peran balai-balai rehabilitasi sosial milik pemerintah.

Tujuannya, masyarakat disabilitas diharapkan dapat diberdayakan dan berkiprah setelah mendapat pelayanan Rehabilitasi Sosial Lanjut di Balai Rehabilitasi Sosial.

Selama ini, ada kesan bahwa balai rehabilitasi sosial seperti penampungan bagi disabilitas.

Padahal menurutnya, fungsi balai lebih dari itu.

Yakni diharapkan dapat mendorong kaum disabilitas berdaya sesuai dengan bidangnya.

“Kami ada program transofrmasi, perubahan status panti menjadi balai. Kami ingin balai rehabilitasi sosial ini berkontribusi secara progresif. Jadi pijakan bagi saudara-saudara kita kaum disabilitas agar dapat mengembangkan keberfungsian sosialnya dan kapabilitas sosialnya sehingga bisa berkiprah di masyarakat," ujar Sudarsono, Kamis (16/1/2020).

Salah satu konsekuensi dari transformasi tersebut, adalah adanya batas waktu bagi para penerima manfaat sesuai dengan yang ketentuan.

Tujuannya, agar para penerima manfaat dapat berkumpul kembali dengan keluarganya, mandiri serta berkiprah di masyarakat.

“Ini yang kita sebut dengan proses inklusi. Kami ingin, saudara-saudara kita diterima di masyarakat. Seperti yang lainnya,” ujar Sudarsono.

Halaman
123
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved