Ternyata Pria Cenderung Lebih Cepat Mengalami Penuaan Dini Ketimbang Wanita Lho, Ini Penjelasannya

Spesialis Antiaging dan Sexologis mengatakan bahwa pria cenderung lebih cepat mengalami penuaan dini ketimbang para wanita.

Ternyata Pria Cenderung Lebih Cepat Mengalami Penuaan Dini Ketimbang Wanita Lho, Ini Penjelasannya
TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Spesialis Anti Aging dan Sexologist dr. Haekal Anshari, M.Biomed (AAM) dalam peluncuran Y.O.U Skincare di Menteng, Kamis (16/1/2020) 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Spesialis Antiaging dan Sexologist dr. Haekal Anshari, M.Biomed (AAM) mengatakan bahwa pria cenderung lebih cepat mengalami penuaan dini ketimbang para wanita.

Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor. Mulai dari pekerjaan yang lebih aktif, hingga cenderung lebih banyak mengalami stres ketimbang wanita.

"Yang membuat pria lebih cepat mengalami penuaan karena pria kurang begitu memerhatikan kulitnya. Kedua, pria cenderung lebih banyak menghadapi stres. Setelah itu, pria juga karena mungkin bekerja dan lebih aktif sehingga dia lebih banyak terpapar radikal bebas apalagi kalau kerjanya outdoor," kata dr. Haekal usai peluncuran Y.O.U Skincare di Menteng, Kamis (16/1/2020).

Proses penuaan, bisa terjadi karena terlalu banyak paparan radikal bebas dari sinar matahari dan polusi hingga menyebabkan produksi kolagen pada wajah mulai berkurang.

Penuaan sendiri, menurut dr. Haekal bisa terjadi mulai usia 25 tahun.

Ia pun menganjurkan agar setiap orang baik wanita ataupun pria untuk menggunakan skincare anti aging mulai dari usia tersebut.

"Jadi memang penggunaan skincare anti aging sebaiknya dilakukan sejak usia 25 tahun. Karena usia tersebut adalah usia dimana sudah mulai terjadi proses penuaan yang ditandai dengan penurunan jumlah produksi kolagen. Itu bisa akibat radikal bebas yang datang dari sinar matahari dan polusi," kata dia.

Pada beberapa kasus, pria cenderung lebih cuek ketika melihat beberapa permasalahan pada kulit wajah mulai bermunculan.

Apalagi, masalah penuaan yang tampak di permukaan wajah pada usia 25 tahun belum terlihat jelas.

Meski begitu dr. Haekal memastikan bahwa proses aging terus berlangsung dari dalam kulit kita sehingga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih cepat kendur dan keriput.

"Meskipun pada usia 25 belum tampak jelas nih keriputnya, tapi sebenernya aging proses tetap berjalan dari dalam, sudah ada proses aging itu. Jika tidak dirawat sedari dini maka aging proses bisa berlangsung lebih cepat," ungkapnya.

Kejar Pelaku Percobaan Pencurian di Perumahan TNI AL, Polisi Pelajari Rekaman CCTV

Begini Cara Sindikat Curanmor di Jakarta Utara Gasak dan Gelapkan Kendaraan Korban

Indonesia Masters 2020: Hempaskan Wakil China Dalam 3 Gim, Fajar/Rian Lolos ke Babak Perempat Final

"Biasanya meskipun belum kelihatan jelas di usia 25, yang bisa dilihat kulitnya mulai kering nih. Saat remaja misalnya dia berminyak, tapi kok pas usia 25an mulai kering, lalu memudian muncul flek- flek tapi sebelum itu biasanya muncul kerutan halus dulu," papar dia.

"Untuk gejala penuaan pria ataupun wanita hampir sama. Sama-sama akan mengalami penurunan produksi kolagen sehingga kulit menjadi muncul keriput halus, flek atau noda hitam pada wajah. Kurang lebih sama, tapi penuaan pada pria bisa lebih cepat munculnya," pungkasnya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved