Kebanjiran Luapan Sumur

Sudah Ada Belasan Tahun, Pondasi Sumur yang Jadi Penyebab Banjir di RW 13 Pejagalan Diduga Terkikis

Sumur di tepi Kali Angke yang menjadi penyebab banjir di permukiman warga RW 13 Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, sudah ada sejak belasan tahun.

Sudah Ada Belasan Tahun, Pondasi Sumur yang Jadi Penyebab Banjir di RW 13 Pejagalan Diduga Terkikis
TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Air yang meluap dari sumur milik warga masih mengalir deras hingga membanjiri gang di permukiman RT 08/RW 13 Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (18/1/2020) siang. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Sumur di tepi Kali Angke yang menjadi penyebab banjir di permukiman warga RW 13 Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, sudah ada sejak belasan tahun.

Awang (41), salah satu warga, mengatakan sumur tersebut sudah ada sejak 15 tahun lalu.

"Ini sumur udah lama. Udah ada 15 tahun kali," kata Awang di lokasi, Sabtu (18/1/2020).

Awang yang sudah tinggal puluhan tahun di pinggir Kali Angke, mengatakan bahwa kejadian sumur jebol ini baru pertama kali terjadi.

Pondasi sumur disebutkannya sudah rapuh sehingga mudah terkikis, terutama setelah diterjang tekanan air dari kali ketika banjir awal tahun ini.

Alhasil, sumur yang berada persis di tepi tanggul Kali Angke itu tak mampu menahan derasnya tekanan air dari bawah hingga meluap dan membanjiri rumah warga.

"Penyebabnya di bawah sheetpile itu kan bolong, dia jebol, ada lumpur, ngedorong air kalinya ke sumur, jadi jebol sumurnya," kata Awang.

"Ini belum pernah terjadi. Sumurnya knm sudah lama juga itu 15 tahunan, tanahnya terkikis lama-lama habis, kena dorongan air dari kali akhirnya masuk (ke permukiman)," jelas Awang.

Hal serupa dikatakan Deni Yosep, petugas dari Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Utara.

Menurutnya, air sumur meluap dari sumur yang jebol.

"Itu meluap dari sumur tua, sumber airnya dari kali," kata Deni.

Berdasarkan pantauan pada sore ini, penanganan petugas berhasil membuat genangan surut. Air yang tadinya masuk ke dalam rumah warga juga sudah surut total.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved