Banyak Serap Tenaga Kerja, Pelatihan Garmen BDI Jakarta Paling Diminati

Dari 14 spesialisasi yang disediakan BDI Kementerian Perindustrian, garmen disebut jadi incaran para pencari kerja usia produktif.

Banyak Serap Tenaga Kerja, Pelatihan Garmen BDI Jakarta Paling Diminati
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Peserta pelatihan garmen BDI Jakarta saat mengikuti diklat pembukaan pelatihan di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (20/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Balai Diklat Industri (BDI) Jakarta Kementerian Perindustrian hari ini resmi membuka pelatihan spesialisasi garmen yang diikuti 290 peserta dari berbagai daerah.

Kepala Badan Pengembangan SDM Industri Kementerian Perindustrian, Eko A. Cahyanto mengatakan pembukaan pelatihan tersebut dilakukan serentak di tujuh kantor BDI.

"Hari ini kita mulai diklat 3 in 1 di tahun 2020, selain di Jakarta juga kita lakukan di Surabaya, Bandung, Jogja, Denpasar. Di tujuh Balai Diklat Industri, seluruh Indonesia," kata Cahyo di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (20/1/2020).

Dari 14 spesialisasi yang disediakan BDI Kementerian Perindustrian, garmen disebut jadi incaran para pencari kerja usia produktif.

Mereka yang berusia 18-26 tahun mendaftar demi mengikuti pelatihan, dapat sertifikasi, dan disalurkan ke perusahaan.

Jajaran Polres Tangsel Tangkap Komplotan Spesialis Bobol ATM yang Kerap Beraksi di Minimarket

"Sebenernya kita ada spesialisasi di seluruh sektor industri, tapi yang terbesar memang garmen. Karena garment itu banyak menyerap tenaga kerjanya," ujarnya.

Kepala BDI Jakarta Hendro Kuswanto menyebut di tahun 2020 ini pihaknya sudah menerima permintaan memasok 14 ribu tenaga kerja.

Namun baru 7 ribu tenaga kerja baru yang bisa dipenuhi BDI Jakarta kepada sejumlah perusahaan mitra penyalur kerja mereka.

"Pelatihan berlangsung selama 3 minggu, dari pembukaan sampai penutupan dan uji kompetensi dan mereka akan kita serahkan ke perusahaan," tutur Hendro.

Selama pelatihan sekuriti kebutuhan pencari kerja ditanggung BDI Jakarta, termasuk tempat bermalam dan konsumsi mereka secara gratis.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved