Imlek 2020

Kong Ha Hong, Tim Barongsai Indonesia Yang Jadi Langganan Juara Dunia

Nama Kong Ha Hong terdengar seperti sebuah tim jawara yang disegani di beberapa negara.

Kong Ha Hong, Tim Barongsai Indonesia Yang Jadi Langganan Juara Dunia
TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Ronald Sjarif ketua Kong Ha Hong tim barongsai Indonesia yang sudah 5 kali juara dunia. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, PONDOK INDAH - Perayaan Imlek identik dengan pertunjukan Barongsai. Tarian tradisional asal Tiongkok dengan sarung yang menyerupai kostum singa ini paling ditunggu-tunggu oleh setiap masyarakat saat tahun baru Imlek

Kong Ha Hong, tim barongsai Indonesia besutan Ronald Sjarif jadi langganan berbagai pusat keramaian saat tahun baru Imlek tiba.

Dibentuk sejak 1999, nama Kong Ha Hong terdengar seperti sebuah tim jawara yang disegani di beberapa negara.

Yak, berasal dari Indonesia tim ini sudah beberapa kali menjadi juara dunia. Salah satunya menjadi juara pertama di kota Beijing, Tiongkok.

"Kami telah lima kali dapat juara satu dunia. Dua kali di Indonesia, tiga kali lagi di China. Yang dinilai itu berdasarkan kerapihan, kebersihan, sopan santun, itu 1 point. Kedua kerjasama kepala dan buntut, lalu kerjasama musik dan barongsai, juga tingkat kesulitan loncat tinggi, loncat jauh, loncat sambil menukik," kata Ronald, Kamis (23/1/2020).

Meski dikenal sebagai sebuah kesenian dan kebudayaan asal Tiongkok, Kong Ha Hong tak pandang bulu dalam merekrut anggota tim nya. 

Berbagai suku, ras, dan agama dipersatukan tanpa memandang latar belakang keturunannya. Beberapa anggota tim yang mengikuti kejuaraan dunia bahkan merupakan seorang muslim yang berkebangsaan Indonesia.

"Yang ikut juara dunia anak buah saya, itu muslim dan dua-duanya yang di kepala dan ekor itu Ibunya orang Indonesia," kata Ronald.

Tim ini berhasil menjadi juara 1 dunia pada tahun 2009, 2015 I , 2015 II, 2017, serta 2019.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved