Breaking News:

Garuda Indonesia Mulai Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Corona

Maskapai nasional Garuda Indonesia meningkatan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus Corona.

TribunJakarta/Ega Alfreda
Pemeriksaan atau scanning penumpang dari Cina yang mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta oleh KKP Bandara Soekarno-Hatta mencegah datangnya Virus Corona, Kamis (23/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Maskapai nasional Garuda Indonesia meningkatan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus pneumonia Wuhan atau novel coronavirus (nCoV) atau lebih akrab disapa Virus Corona.

Peningkatan kewaspadaan dilakukan melalui peningkatan edukasi dan langkah antisipatif lainnya terhadap seluruh lini operasional dan stakeholder.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengungkapkan, walau meningkatkan pengawasan Virus Corona tidak akan mengurangi keselamatan penerbangan.

"Kami telah meningkatkan pengawasan terhadap sejumlah layanan penerbangan yang beroperasi di sejumlah rute internasional yang rawan atas penyebaran virus tersebut bekerjasama dengan otoritas kesehatan dan layanan kebandarudaraan setempat," Jelas Irfan dalam keterangannya, Sabtu (25/1/2020).

Ia memastikan bahwa maskapai pelat merah tersebut tidak memiliki rute penerbangan dari dan menuju Kota Wuhan.

Lebih lanjut Garuda Indonesia turut meningkatkan pengawasan bersama otoritas bandara setempat.

Yakni, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Indonesia khususnya di terminal kedatangan internasional.

"Kami secara seksama turut mematuhi seluruh kebijakan regulator terkait upaya pencegahan virus tersebut yang salah satunya dilakukan melalui kebijakan menyampaikan dokumen kesehatan berupa general declaration of health dan manifes penumpang kepada petugas kesehatan di pos kesehatan KKP," kata Irfan.

Ia juga mengimbau para penumpang untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan.

Serta memahami tata laksana pencegahan penyebaran virus Corona yang dilakukan dengan mengedepankan aspek kebersihan diri.

Cerita Amanda, Penjual Tahu Viral yang Berparas Ayu Ternyata S2 Manajemen Bisnis

PSSI Minta Dibuatkan Kantor Tetap di SUGBK

Juga memastikan kondisi kesehatan dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan internasional

"Sosialisasi upaya pencegahan juga terus diintensifkan keseluruh jajaran lini operasional seperti meningkatkan pemahaman atas pola penyebaran virus, merekomendasikan penggunaan alat pelindung dini seperti masker hingga hand sanitizer bagi petugas, crew maupun penumpang." sambung Irfan.

Menurutnya, Garuda Indonesia terus memantau situasi terkini, mengambil tindakan yang diperlukan dan akan terus memberikan informasi terbaru khususnya terkait dampak atas pelayanan penerbangan.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved