Kontroversi Dirut Transjakarta

Akui Kebobolan, Pemprov DKI Batalkan Penunjukan Donny Saragih Sebagai Dirut TransJakarta

Pemprov DKI Jakarta mengakui kebobolan saat menunjuk Donny Andy Saragih sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta.

Dok. PT TransJakarta
Mantan Direktur Utama PT TransJakarta, Agung Wicaksono (kiri) dan Direktur Utama PT TransJakarta baru, Donny Andy S Saragih, saat acara serah terima jabatan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta mengakui kebobolan dalam penunjukan Donny Andy Saragih sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta.

Pasalnya, sebelum ditunjuk menggantikan Agung Wicaksono, Donny sempat menandatangai pernyataan yang menyebut bahwa dirinya tidak pernah dihukum.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Peraturan Gubernur Nomor 5 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan Direksi.

Dalam peraturan itu dijelaskan bahwa setiap calon direksi harus mengikuti uji kompetensi dan keahlian, serta menunjukan bukti 'cakap melakukan perbuatan hukum' dengan membuat surat pernyataan.

"Walaupun Donny Saragih telah mengikuti Uji Kompetensi dan Keahlian dan lolos untuk posisi direksi di BUMD Pemprov DKI Jakarta, namun pernyataan yang ditandatangani oleh yang bersangkutan bahwa tidak pernah dihukum ternyata tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya," ujar Kepala BP BUMBD Pemprov DKI Faisal Syafruddin.

Hal ini diungkapkan Faisal dalam keterangan resmi Pemprov DKI setelah BP BUMD menerima laporan dan melakukan verifikasi terkait status hukum Donny Saragih.

"Setelah kami melakukan verifikasi dan terbukti laporan tersebut benar, pada Senin pagi, 27 Januari 2020, langsung dilakukan keputusan pembatalan keputusan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham tanggal 23 Januari 2020," ujarnya.

Keputusan ini diambil sebagai bagian dari pelaksanaan tugas BP BUMBD sebagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang memiliki fungsi melakukan pembinaan terhadap BUMD.

Berikut keputusan para pemegang saham di luar RUPS tersebut adalah sebagai berikut:

Halaman
1234
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved