Banjir di Kembangan Selatan karena Kali Pesanggrahan Belum Ditanggul

Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, Purwanti Suryandari mengatakan, banjir di permukiman tersebut berasal dari meluapnya Kali Pesanggrahan

Banjir di Kembangan Selatan karena Kali Pesanggrahan Belum Ditanggul
TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Permukiman warga di Gang H Briti RT 05 RW 09, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat terendam banjir akibat luapan Kali Pesanggrahan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KEMBANGAN - Belasan rumah di Gang H Briti B RT 02 dan RT 05 RW 09, Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat terendam banjir pagi hingga siang tadi.

Ketinggian banjir bahkan mencapai satu meter pada pagi tadi.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Barat, Purwanti Suryandari mengatakan, banjir di permukiman tersebut berasal dari meluapnya Kali Pesanggrahan yang belum ditanggul.

Bahkan, luapan Kali Pesanggrahan juga sempat menggenangi Jalan Puri Kembangan.

Namun, ia menyebut proses pembuatan tanggul atau sheet pile di Kali Pesanggrahan bukanlah kewenangan pihaknya, melainkan berada di pemerintah pusat.

"Itu karena luapan Kali Pesangrahan. Kali Pesanggrahan belum ditanggul dan  merupakan kewenangan pemerintah pusat," kata Purwanti saat dikonfirmasi, Senin (27/1/2020).

Sementara itu, Camat Kembangan, Joko Mulyono mengatakan, untuk jangan pendek, rencananya akan dibuat tanggul sementara di bantaran Kali Pesanggrahan agar luapannya tak membanjiri permukiman warga.

"Sementara mau dipasang tonggak-tonggal dan tanggul sementara.

Diberitakan sebelumnya, belasan rumah di Gang H Briti B terendam banjir sejak pagi tadi akibat luapan Kali Pesanggrahan.

Salah seorang warga, Ami (60) mengaku air masuk hingga setinggi 1 meter ke dalam rumahnya yang hanya berjarak beberapa meter saja dari Kali Pesanggrahan.

Sementara itu, untuk di Jalan Puri Kembangan, adanya genangan membuat lalu lintas menjadi terhambat.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved