Baru Diresmikan, Menteri Perhubungan Klaim Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta Banyak Manfaatnya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan kembali pasca peresmian runway 3 dan east cross taxiway Bandara Soekarno-Hatta.

Penulis: Ega Alfreda | Editor: Suharno
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta yang baru diresmikan pada Jumat (20/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan kembali pasca peresmian runway 3 dan east cross taxiway Bandara Soekarno-Hatta.

Peninjauan tersebut terkait soal aktivitas pergerakan penumpang dan pesawat di dua fasilitas baru tersebut.

Peninjauan yang dilakukannya melalui di Gedung Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) Airnav Bandara Soekarno-Hatta.

Ia memastikan proses pergerakan usai diresmikannya fasilitas tersebut secara langsung Presiden Joko Widodo pada 23 Januaro 2020 lalu.

"Saya lihat sudah melihat langsung pergerakan pesawat baik pada saat take off dan landing di runway 3 dan east cross taxiway di Bandara Soekarno-Hatta untuk memastikan fungsi dari fasilitas tersebut benar-benar ada manfaatnya," kata Budi, Minggu (26/1/2020).

Dari peninjauannya, ia menyebutkan jika seluruh fasilitas yang baru diresmikan tersebut sangat terkontrol secara baik.

Bahkan dari laporan yang diperolehnya, proses antrean pesawat yang tadinya 10 antrean, bisa berkurang menjadi tiga antrean.

"Semua terkontrol dengan baik, dan ini harus diapresiasi. Saya sudah lihat juga tidak ada lagi antrean yang panjang ataupun pesawat yang melakukan holding," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin menambahkan, selama pengoperasian runway 3 tersebut on time perfomance yang ada di Bandara Soekarno-Hatta meningkat dari tahun lalu.

"Dari itu kita dapati OTP kita sebesar 83 persen dengan 23 ribu pergerakan. Yang mana ini cukup meningkat dari tahun lalu 2018 ke 2019 dengan periode atau jangka hari sama hanya 79 persen," tandasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved