Tak Kunjung Dikontrak, Pegawai Magang Transjakarta Gelar Aksi Unjuk Rasa

Mereka mempertanyakan alasan PT Transjakarta melakukan pemutusan kontrak sepihak yang dilakukan secara bertahap sejak bulan Desember 2019 lalu.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Pegawai magang PT Transjakarta berunjuk rasa menuntut PKWT di Makasar, Jakarta Timur, Senin (27/1/2020) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Puluhan orang yang tergabung dalam pegawai magang PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berunjuk rasa di kantor PT Transjakarta, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Mereka mempertanyakan alasan PT Transjakarta melakukan pemutusan kontrak sepihak yang dilakukan secara bertahap sejak bulan Desember 2019 lalu.

Koordinator aksi, Yogi mengatakan mereka menuntut janji diangkat jadi Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) setelah menjalani masa magang beberapa bulan.

"Saya cuman ingin menagih janji yang sudah pihak SDM janjikan, janji mem-PKWT setelah magang," kata Yogi di Makasar, Jakarta Timur, Senin (27/1/2020).

Menurutnya ada 1.033 pegawai magang PT Transjakarta yang dijanjikan diangkat jadi PKWT namun justru diputus kerjanya sepihak.

Padahal banyak dari mereka yang sudah magang jadi pegawai PT Transjakarta lebih dari lima bulan tapi justru diputus kerjanya.

"Ada yang tiga bulan, tujuh bulan, enam bulan magang. Semua dirumahkan, diberhentikan sepihak tanggal 31 Desember," ujarnya.

Warga Sebut Banjir di Underpass Kemayoran Paling Parah Terjadi pada 2017

Warga Sebut Banjir di Underpass Kemayoran Paling Parah Terjadi pada 2017

Pantauan wartawan TribunJakarta.com, puluhan orang yang tadinya bekerja sebagai pegawai magang berdemo dengan membawa sejumlah spanduk.

Selebaran bertuliskan 'PKWT harga mati' yang jadi tuntutan mereka bahkan ditempel di pagar PT Transjakarta yang tertutup rapat.

"PKWT, PKWT-kan sekarang juga," seru sejumlah pegawai magang.

Puluhan personel Polres Metro Jakarta Timur berjaga di sekitar lokasi mengamankan unjuk rasa yang sudah berlangsung dari sekira pukul 09.00 WIB.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved