Banjir di Bekasi

Berbisik Soal Banjir, Wali Kota Bekasi Minta Gubernur DKI Jakarta Bantu Penanganan Anak Sungai

Hal ini dikatakan saat peresmian kedua jalan layang pada, Jumat, (31/1/2020), yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Berbisik Soal Banjir, Wali Kota Bekasi Minta Gubernur DKI Jakarta Bantu Penanganan Anak Sungai
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat peresmian Flyover Rawapanjang dan Cipendawa, Jumat, (31/1/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, RAWALUMBU - Usai merampungkan pembangunan dua Flyover Simpang Rawapanjang dan Simpang Cipendawa, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi ingin kerja sama dengan DKI Jakarta berlanjut ke persoalan banjir.

Hal ini dikatakan saat peresmian kedua jalan layang pada, Jumat, (31/1/2020), yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pria yang akrab disapa Pepen ini mengaku sudah berbisik ke Anies Baswedan terkait permasalahan anak Sungai Cikeas yang memiliki hulu di Banjir Kanal Timur di wilayah DKI Jakarta.

"Saya juga bisik-bisik kepada pak Gubernur. Bang, kita persoalana dengan anak sungai Cikeas. Dulu sebelum dibangun Cibubur, sebelum dibangun Citra Grand anak-anak Sungai Cikeas itu, termasuk kali Sunter, Kali Cakung, Kali Buaran, dan beberapa kali kecil terus outline-nya adalah masuk ke banjir kanal timur," kata Pepen di Bekasi.

Menanggapi hal itu, Anies mengaku kerja sama antara kedua wilayah akan terus terjalin. Kota Bekasi dan DKI Jakarta merupakan wilayah yang saling terintegrasi dari berbagai sektor.

"Kita ingin agar nantinya kerja bersama ini kita teruskan. Ada banyak sekali yang kita bisa kerjakan dan semangatnya sekali lagi adalah semangat kolaborasi," kata Anies.

"Kami merasa bersyukur bapak Wali Kota juga selalu berkomunikasi intensif. Kita memandang lebih dari sekadar hubungan antar dua wilayah, tapi hubungan antar dua masyarakat, hubungan antar para penyelenggara neegara di wilayah masing-masing," tegas dia.

Terkait masalah banjir, Anies Baswedan melihat Bekasi dan DKI Jakarta tak ubahnya seperti senasib dan sepenanggungan.

Bencana banjir yang terjadi pada awal tahun kemarin juga sudah menunjukkan tanda-tanda upaya kerja sama antar dua wilayah terkait penanganan dan penanggulangannya.

"Dan kemarin juga ketika kita semua merasakan limpahan air hujan yang cukup intensif, kita bekerja saling topang dan saling mendukung untuk memastikan kita bisa menangani implikasi dari limpahan air yang cukup besar itu agar minim dampaknya di masyarakat," ujarnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved