Sering Gagal Paham, Ternyata Ini Anjuran Diet Sehat yang Tepat Menurut Ahli Gizi

Apa yang terlintas di pikiran anda ketika mendengar kata diet? Diet biasanya identik dengan seseorang yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan ideal.

Sering Gagal Paham, Ternyata Ini Anjuran Diet Sehat yang Tepat Menurut Ahli Gizi
KOMPAS.COM
Ilustrasi diet 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, SETIABUDI - Apa yang terlintas di pikiran anda ketika mendengar kata diet?

Diet biasanya identik dengan seseorang yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan ideal.

Namun untuk mendapatkan tubuh sehat dan ideal, ternyata diet yang tepat bukan dengan tidak mengkonsumsi makanan berat atau membatasi makanan tertentu secara berlebihan lho.

Praktisi kesehatan, yakni Dokter Ahli Gizi dr. Susianto mengatakan bahwa diet yang tepat adalah diet yang sesuai dengan paduan gizi seimbang.

Artinya, bukannya tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan tertentu.

Melainkan memakan makan-makanan sehat dengan gizi seimbang sesuai dengan prinsip 'Isi Piringku' yang diperkenalkan oleh Kementerian Kesehatan.

"Diet sehat itu adalah berbasis gizi seimbang. Panduan pola makannya dengan gizi seimbang dengan Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan. Itu terdiri dari 1/3 piring adalah makanan pokok (karbohidrat kompleks), 1/3 piring sayuran, 1/6 piring buah-buahan, dan 1/6 piringnya lagi lauk pauk," kata dr. Susianto, Senin (3/2/2020).

'Isi Piringku' adalah panduan berapa banyak porsi makanan yang dikonsumsi dalam satu piring sebagai pengganti slogan 4 sehat 5 sempurna untuk memenuhi gizi seimbang.

Yaitu, dalam satu piring setengahnya terdiri dari dari sayur dan buah, serta setengahnya lagi adalah karbohidrat dan protein yang didapat dari makanan utama dan lauk-pauk.

Halaman
12
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved