Banjir di Tangerang

Sepekan Banjir Tangerang, Dinas PUPR Berjibaku Kuras Air Kerahkan 45 Pompa Canggih Plus 23 Tangki

Dinas PUPR Kota Tangerang mengerahkan 45 alat pompa air ke sejumlah lokasi titik banjir yang ada di wilayah Kecamatan Periuk.

TribunJakarta.com/Ega Alfreda
23 tangki air yang disediakan Pemerintahan Kota Tangerang untuk menyedot banjir yang sudah menggenangi kawasan Kecamatan Periuk, Kota Tangerang selama satu pekan, Jumat (7/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG -Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang mengerahkan 45 alat pompa air ke sejumlah lokasi titik banjir yang ada di wilayah Kecamatan Periuk.

Langkah tersebut setelah sepakan banjir menggenangi kawasan Kecamatan Periuk, Kota Tangerang sejak 1 Februari 2020.

Alat pompa berkapasitas tinggi itu diharapkan bisa segera mengurangi volume air yang merendam sejumlah perumahan.

Kabid Operasi Pemeliharaan Dinas PUPR Kota Tangerang, Agus Tholib mengatakan, alat pompa yang ada disebar ke sejumlah perumahan yang terendam banjir.

Seperti Perum Total Persada, Garden City, Mutiara Pluit, serta dioperasionalkan di pintu air lima Kali Ledug, pintu air tiga Situ Bulakan dan di Jurumudi Baru.

"Mesin pompa kami kerahkan semaksimal mungkin ke lokasi banjir. Ada dua unit mobil pompa berkapsitas 67 liter per detik juga kami kerahkan di perumahan Total Persada," ujar Agus, Jumat (7/2/2020).

Ia melanjutkan, untuk perumahan Garden City juga di kerahkan empat alat pompa yang dipasang di RW 15, 25 dan 21.

"Untuk di Garden City jenis pompa berjalan dengan kapasitas 67 sampai 300 liter per detik," sambung Agus.

Ia menambahkan, selain di perumahan yang terdampak banjir, pada dua pintu air di Kali Ledug dan Situ Bulakan juga dikerahkan pompa diesel dan hidrolik.

"Pada pintu air lima kali ledug ada tiga unit pompa diesel dengan kapasitas 700 liter per detik, dan dua unit pompa hidrolik dengan kapasitas 500 liter per detik," terang Agus.

"Sementara itu di pintu air tiga Situ Bulakan ada satu unit pompa dengan kapasitas 700 liter per detik dan dua unit ala berkapasitas 500 liter per detik," sambung dia.

Untuk mengoptimalkan operasional alat pompa penyedot tersebut Dinas PUPR menyiagakan sejumlah personel di lokasi agar banjir segera cepat tertangani.

Sementara, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang juga menerjunkan 23 mobil tangki.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved