Breaking News:

Pemerintah Siapkan Solusi Jangka Pendek dan Panjang untuk Tangani Banjir di Cilincing Jakarta Utara

Pemerintah menyiapkan solusi untuk menangani banjir di RW 05 dan 06 Kelurahan Cilincing yang disinyalir akibat keberadaan Rumah Pompa Bulak Cabe.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Rumah Pompa Bulak Cabe yang berada di wilayah Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Foto diambil pada Selasa (11/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Pemerintah menyiapkan solusi untuk menangani banjir di RW 05 dan 06 Kelurahan Cilincing yang disinyalir akibat keberadaan Rumah Pompa Bulak Cabe.

Camat Cilincing Mohammad Andri mengatakan, pihaknya telah menyiapkan penanganan jangka pendek dan jangka panjang.

Dalam jangka pendek, penanganan yang disiapkan adalah pembangunan saluran crossing dan kolam penampungan air di sekitar lokasi rumah pompa.

"Kita upayakan jangka pendek kita buat crossing-an. Langsung kemudian kita buat semacam kolakan (kolam) supaya kita bisa naroh pompa di situ bisa menyedot air dari RW 05 dan 06," kata Andri di kantornya, Selasa (11/2/2020).

Untuk penanganan jangka panjangnya, pintu air akan dibangun di aliran rumah pompa itu.

Pintu air tersebut nantinya akan menjadi saluran ke Kali Cakung Drain yang selanjutnya akan dialirkan ke laut di pesisir Cilincing.

"Jadi walaupun tidak ada pompa tetap ada pintu air, jadi artinya kalo memang tidak pasang laut, (pintu air) bisa dibuka gitu," jelas dia.

Sebelumnya, warga yang tinggal di RW 05 dan 06 Kelurahan Cilincing mengeluhkan keberadaan Rumah Pompa Bulak Cabe yang disinyalir menutup saluran air.

Warga mengeluh lantaran hal tersebut mengakibatkan terjadinya banjir di permukiman dekat rumah pompa.

Halaman
123
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved