Dimulai Maret 2020, Proyek MRT Bundaran HI-Monas Telan Anggaran Rp 4,5 Triliun

Dirut MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,5 triliun untuk pembangunan MRT Fasel II A CP-201.

Dimulai Maret 2020, Proyek MRT Bundaran HI-Monas Telan Anggaran Rp 4,5 Triliun
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberi sambutan dalam acara penandatangan kerja sama pembangunan MRT Fase II A CP-201 di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Direktur Utama (Dirut) MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,5 triliun untuk pembangunan MRT Fasel II A CP-201.

Adapun pengerjaan proyek sepanjang 2,8 kilometer (km) ini akan dimulai pada Maret 2020 mendatang.

"Nilai kontrak pekerjaan ini adalah sekitar Rp 4,5 triliun dan aman dikerjakan selama 58 bulan dengan target penyelesaian pada Desember 2024," ucapnya di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

Selain membangun lintasan bawah tanah mulai dari Bundaran HI hingga kawasan Sarinah, proyek ini juga akan mengerjakan dua stasiun bawah tanah, yaitu Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas.

Sementara itu, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim mengatakan, pembangunan proyek MRT Fase II A CP-201 ini masih akan menggunakan metode yang sama dengan proyek pengerjaan sebelumnya, yaitu menggunakan metode tunnel boring machine (TBM).

TBM sendiri merupakan alat penggali terowongan yang juga digunakan dalam pembangunan MRT rute Blok M-Bundaran HI.

"Untuk tunneling kita menggunakan metode sama di fase satu. Kita menggunakan TBM machine," ujarnya.

Dengan metode ini, ia memastikan, pembangunan proyek MRT Fase II A CP-201 ini tidak akan mengganggu arus lalu lintas di sepanjang Jalan MH. Thamrin.

"Untuk tunneling sendiri memang tidak akan kelihatan dari atas, tapi pada saat kita membangun stasiun, memang ada pembangunan dari permukaan ke bawah," kata dia.

Halaman
1234
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved