7.588 WNA Tinggal di Bekasi, Mayoritas Asal Jepang

"Paling mendominasi Jepang dari kelima negara tersebut," kata Petrus saat dikonfirmasi, Selasa, (18/2/2020).

7.588 WNA Tinggal di Bekasi, Mayoritas Asal Jepang
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPA Bekasi Petrus Teguh. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI UTARA - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPA Bekasi mencatat, ada sebanyak 7.588 Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPA Bekasi, Petrus Teguh mengatakan, terdapat sejumlah negara asal WNA yang cukup mendominasi diantaranya, China, Korea, India, Taiwan dan Jepang.

"Paling mendominasi Jepang dari kelima negara tersebut," kata Petrus saat dikonfirmasi, Selasa, (18/2/2020).

Dia merinci, jumlah WNA Jepang yang hingga kini tercatat Kantor Imigrasi Kelas II Non TPA Bekasi mencapai 2.205 orang, disusul Korea ada 1.728 orang, China ada 1.053 orang , India sebanyak 293 orang, dan Taiwan sebanyak 232 orang.

"Kebanyakan dari meraka adalah pekerja yang tersebar di Cikarang dan Kota Bekasi," jelas dia.

Untuk izin yang dikantongi ribuan WNA itu beragam, mereka umumnya memegang izin tinggal kunjungan, izin tinggal terbatas dan ada juga izin tinggal tetap.

"Selain dari lima negera itu, ada juga beberapa WNA berasal dari negara lain seperti asal Afrika, Eropa, Amerika," paparnya.

Sejauh ini, Imigrasi terus melakukan penyisiran untuk mencegah atau mengetahui keberadaan WNA ilegal di wilayah setempat.

Langkah yang biasa dilakukan berupa mengoptimalkan tim pengawas orang asing atau Tim Pora di tiap-tiap wilayah di Bekasi.

"Tim Pora ini terdiri dari berbagai instansi, ada dari kepolisian, kejaksaan, dari Imigrasi sendiri, jadi tugas mereka mematau dan melaporkan keberadaan orang asing di wilayah," ujarnya.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved