Perumahan Terpapar Radiasi Nuklir

Wali Kota Airin Tunggu Hasil Pemeriksaan Hitungan Paparan Radiasi Warganya dari Batan

Wali Kota Tangarang Selatan Airin Rachmi Diany tunggu hasil pemeriksaan warganya yang diperiksa Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan).

Penulis: Jaisy Rahman Tohir | Editor: Suharno
TRIBUNJAKARTA.COM/JAISY RAHMAN TOHIR
Tim gabungan Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), kembali melanjutkan dekontaminasi area terpapar radiasi nuklir di Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), Senin (17/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SETU - Wali Kota Tangarang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany menunggu hasil pemeriksaan warganya yang sudah diperiksa Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) terkait tingkat paparan radiasi nuklir, di kawasan Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangsel.

Seperti diberitakan TribunJakarta.com sebelumnya, sebanyak sembilan warga Perumahan Batan Indah, tengah diperiksa secara Whole-body Counting (WBC) di Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PKMR), Kawasan Nuklir, Pasar Jumat, Jakarta Selatan, pada Senin (17/2/2020) lalu.

Tubuh warga diperiksa mengacu pada hitungan radioaktivitas yang ada di dalamnya, dalam hal ini, paparan dari sumber radiasi dari limbah cesium-137 yang ditemukan di Perumahan Batan Indah.

WBC bisa mendeteksi bagian tubuh yang terpapar radiasi, dan jenis radiasinya itu sendiri.

Airin mengatakan hasil WBC baru akan keluar pada Rabu (19/2/2020) esok.

"Kita tunggu, tadi dapat laporan dua hari, dua hari kita tunggu sabar mudah2an insyaAllah enggak ada apa-apa," ujar Airin saat meninjau Perumahan Batan Indah, Selasa (18/2/2020).

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama Batan, Heru Umbara, mengatakan, pemeriksaan kepada sembilan orang tersebut sudah rampung dilakukan.

Namun hasilnya masih dalam penelitian dan belum disampaikan.

"Sedang dianalisis, orangnya sudah pulang semua," ujar Heru di lokasi.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved