Breaking News:

Liga 1 2020

PSSI Beri Alat Khusus Kepada Wasit, VAR Belum Bisa Diterapkan di Liga 1 2020

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri memastikan, pihaknya bakal memberikan peralatan khusus kepada wasit di kompetisi Liga 1 2020.

TRIBUNJAKARTA.COM/WAHYU SEPTIANA
Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri berfoto bersama dengan 18 manajer klub Liga 1 2020 di Hotel Atlet, Jakarta Pusat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Wahyu Septiana

TRIBUNJAKARTA.COM, TANAH ABANG - Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri memastikan, pihaknya bakal memberikan peralatan khusus kepada wasit di kompetisi Liga 1 2020.

Cucu berharap peralatan khusus yang diberikan kepada wasit bisa menunjang tugasnya dalam memimpin pertandingan.

Pada Liga 1 2020, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, berencana memberikan tambahan alat yakni headphone dan alat-alat lainnya kepada wasit.

"Kita berupaya untuk meningkatkan kualitas pertandingan, kita meminta perlengkapan wasit. Bukan hanya sumber daya manusianya yang kita latih, tapi kita juga menyiapkan perlengkapan seperti headphone dan yang lainnya," kata Cucu Soemantri.

Pemberian alat khusus tersebut diharapkan bisa mempermudah perangkat pertandingan dalam menentukan keputusan di atas lapangan.

"Itu diharapkan bisa lebih cepat dalam mengambil keputusan wasit dengan hakim garis," terang Cucu.

Di sisi lain, pada kompetisi Liga 1 2020 teknologi Video Assistant Referee (VAR) belum dapat digunakan.

PSSI perlu persiapan lebih matang untuk bisa menerapkan VAR di sepak bola Indonesia.

"Kalau untuk VAR belum bisa kita lakukan. Hari ini saya sudah bertemu dengan perwakilan dari FIFA dan AFC untuk membahas kesiapan pelatihan VAR," ucap Cucu.

"Ternyata melakukan VAR itu tidak gampang. VAR gampang, tapi orang yang mengoperasikan VAR sulit, sehingga pelatihan itu hampir sembilan bulan," katanya.

Pria yang juga menjabat Direktur Utama PT LIB itu mengatakan ada beberapa tahap yang harus dijalani sebelum mengoperasikan VAR di sepak bola Indonesia.

"Ada tiga tahap dan tiga bulan pertama dan tiga bulan setelahnya apa. Mudah-mudahan dengan mengawali itu tadi, tahun depan semoga bisa di operasionalkan," tutur Cucu Soemantri.

Penulis: Wahyu Septiana
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved