Perumahan Terpapar Radiasi Nuklir

7 Saksi Diperiksa, Polisi Bentuk Tim Khusus Buru Pelaku Buang Limbah Radioaktif di Tangerang Selatan

tim khusus sudah dibentuk untuk menelusuri oknum pembuang limbah radioaktif di lahan kosong kawasan Perumahan Batan Indah

7 Saksi Diperiksa, Polisi Bentuk Tim Khusus Buru Pelaku Buang Limbah Radioaktif di Tangerang Selatan
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono saat ditemui usai acara penanaman 20 ribu bibit mangrove dan sejuta benih ikan di Mauk, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, MAUK - Pihak kepolisian turun tangan soal pembuangan limbah radioaktif di Tangerang Selatan.

Bahkan, ada tim khusus yang sudah dibentuk untuk menelusuri oknum pembuang limbah radioaktif di lahan kosong kawasan Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono menjelaskan, hingga kini pihaknya masih melakukan investigasi untuk mengungkap kasus pembuangan limbah berbahaya itu.

"Kita sudah bentuk tim khusus yang terdiri dari Mabes Polda, Polres dan Polsek. Dan dari laporan tim itu, kita sudah minta keterangan kepada tujuh orang sebagai saksi dari berbagai instansi," ujar Argo di Mauk, Kabupaten Tangerang, Jumat (21/2/2020).

Bukan hanya ke-7 orang tersebut, nantinya petugas juga akan terus memeriksa saksi lain untuk melengkapi data dan mendalami masalah.

"Selain kita tunggu barang bukti, kita juga terus periksa para saksi supaya bisa mengetahui siapa pembuang limbah itu," kata Argo Yuwono.

Kendati demikian, ia tidak bisa memastikan kapan investigasi tersebut akan selesai.

Seperti diketahui, tanah yang terpapar radioaktif ini diduga bermula dari adanya orang yang sengaja membuang limbah radioaktif ke lahan kosong tersebut.

BAPETEN menerangkan, jenis radioaktif yakni Cs-137 itu memang biasa digunakan di bidang industri, seperti pada pengolahan baja.

Halaman
1234
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved