Kerap Terdampak Banjir, Jembatan Merah Kali Sunter Cipinang Melayu Jakarta Timur Rusak

Banjir luapan Kali Sunter yang merendam permukiman warga RW 03 dan RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu Makasar Jakarta Timur.

Kerap Terdampak Banjir, Jembatan Merah Kali Sunter Cipinang Melayu Jakarta Timur Rusak
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kondisi jembatan merah yang rusak diterjang banjir luapan Kali Sunter di Makasar, Jakarta Timur, Senin (24/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Banjir luapan Kali Sunter yang merendam permukiman warga RW 03 dan RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu Makasar Jakarta Timur ikut berdampak pada kondisi jembatan merah.

Terjangan arus Kali Sunter sejak banjir awal tahun 2020 lalu membuat jembatan penghubung warga RW 03 dan RW 04 rusak di sejumlah titik.

Triman (61), satu warga mengatakan sejumlah bagian pelat besi yang jadi penopang warga saat melintas bolong terdampak arus.

"Kalau terendam kan pelatnya jadi berkarat, terus dipakai lewat motor setiap hari ya bolong. Tapi masih tetap difungsikan, enggak ditutup," kata Triman di Makasar, Jakarta Timur, Senin (24/2/2020).

Sejak awal tahun 2020 hingga kini, setidaknya banjir dengan ketinggian sekitar 1 meter sudah menjamah permukiman warga.

Paling parah tanggal 1 Januari 2020 yang mengakibatkan jembatan pribadi milik warga ambruk diterjang derasnya arus.

"Biasanya dari PPSU Kelurahan memperbaiki jembatan, pelat yang bolong-bolong dilas. Tapi karena situasinya banjir terus jadi susah," ujarnya.

Kelelahan yang menggerogoti tubuh warga dan PPSU Kelurahan Cipinang Melayu saat banjir membuat perbaikan terpaksa ditunda.

Triman memprediksi perbaikan jembatan merah baru dilakukan setelah cuaca ekstrem tak lagi melanda Jakarta dan sekitarnya.

"Kalau banjir terus semua capek, makannya ini jembatan belum bisa diperbaiki. Hari Minggu kemarin saja 1,5 meter banjir," tuturnya.

Pantauan wartawan TribunJakarta.com, karat, retakan, dan sejumlah lubang tampak pada sekujur pelat besi badan Jembatan Merah.

Bunyi derit besi beradu saat pengendara motor melintas terdengar nyaring dari jembatan yang dibangun hasil kerja sama warga dengan satu Yayasan.

Penulis: Bima Putra
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved