Breaking News:

Pintu Air Zaman Belanda Rusak Jadi Penyebab Banjirnya Kawasan Kota Bambu Selatan

Muhadi mengatakan, pintu air tersebut keropos lantaran sudah dimakan waktu mengingat pintu air itu sudah ada sejak masa kolonial Belanda.

TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Pintu air yang rusak jadi penyebab banjir di kawasan Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PALMERAH - Permukiman di RT 05 RW 01, Kota Bambu Selatan (KBS), Palmerah, Jakarta Barat jadi salah satu langganan banjir di Jakarta Barat.

Penyebabnya, karena tidak berfungsinya pintu air kecil yang menghubungkan antara saluran air warga dengan Kali Banjir Kanal Barat (BKB) yang ada di depan rumah warga.

"Pintu air itu ada putarannya, tapi saat mau ditutup kemarin ternyata pintunya rusak sehingga air kali ke pemukiman dan jadinya banjir," kata Lurah KBS, Muhadi saat dikonfirmasi, Senin (24/2/2020).

Muhadi mengatakan, pintu air tersebut keropos lantaran sudah dimakan waktu mengingat pintu air itu sudah ada sejak masa kolonial Belanda.

"Sebenarnya saat banjir 1 Januari lalu sudah pernah kita perbaiki tapi yang sekarang rusaknya beda posisi. Namanya pintu air tua tahun Belanda sekarang (yang rusak) posisinya bagian bawah lepas," kata Muhadi.

Atta Halilintar Angkat Bicara, Ini Fakta Gen Halilintar Digugat Rp 9,5 M karena Cover Lagu Syantik

Pantauan TribunJakarta.com di lokasi, pintu air kecil berwarna biru itu memang sudah keropos di beberapa bagiannya.

Tidak berfungsinya pintu air tersebut membuat air berbalik ke permukiman warga lantaran posisi permukiman warga yang lebih rendah sekitar dari dua meter dari jalan inspeksi.

Satori (60) salah satu warga mengatakan, banjir terakhir kali merendam wilayah tersebut pada Minggu (23/2/2020) dini hari dengan ketinggian sekira 50 sentimeter.

"Kemarin itu banjir soalnya air bebalik di pintu airnya yang enggak bisa dibuka," kata Satori.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved