Breaking News:

Perumahan Terpapar Radiasi Nuklir

Warga Perumahan Batan Indah Kedapatan Simpan Cesium-137 Ilegal di Rumahnya

zat radioaktif yang ditemukan berupa cesium-137 (Cs-137) dan beberapa jenis lainnya. 

Penulis: Jaisy Rahman Tohir | Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir
Satu rumah di Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel) diperiksa paparan radioaktifnya, pada Senin (24/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir 

TRIBUNJAKARTA.COM, SETU - Aparat kepolisian bersama petugas Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), mendapati warga Perumahan Batan Indah, Kademangan, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), memiliki zat radioaktif di dalam rumahnya, pada Senin (24/2/2020).

Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Komunikasi Publik Bapeten, Indra Gunawan, mengatakan, zat radioaktif yang ditemukan berupa cesium-137 (Cs-137) dan beberapa jenis lainnya. 

"Dalam rangka proses penyidikan yang dilakukan oleh pihak kepolisian yang dipimpin oleh Bareskrim Polri dengan dukungan teknis dari Bapeten, ditemukan penguasaan terduga beberapa sumber radioaktif atau bagian dari sumber radioaktif secara tidak sah, di salah satu rumah warga di Perumahan Batan Indah."

"Sumber radioaktif tersebut di antaranya berjenis Cs-137 dan ada beberapa jenis radioaktif lainnya," papar Indra dalam keterangan resminya.

Cesium-137 merupkan zat radioaktif yang juga ditemukan pertama kali oleh Bapeten di lahan kosong Perumahan Batan Indah itu. 

Indra mengatakan, barang bukti penemuan zat radioaktif itu sudah diamankan. 

Aparat pun memasang garis kuning untuk sterilisasi rumah lokasi penemuan zat radioaktif ilegal tersebut demi kepentingan penyidikan. 

"Bareskrim Polri bersama dengan Bapeten melakukan olah TKP dan telah mengamankan barang bukti yang ditemukan di rumah warga tersebut," ujarnya.

TribunJakarta.com memberitakan sebelumnya, bahwa ada salah satu rumah yang digeledah dan terlihat ada beberapa benda diangkut menggunakan mobil limbah radioaktif milik Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).

Rumah tersebut berada di Blok A, tepatnya nomor 22.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved