Banjir di Tangerang

Banjir 1 Meter Lebih di Tangerang, Masih ada Warga yang Bertahan di Rumah

Padahal, selama dua hari satu malam, kawasan tersebut sudah direndam banjir setinggi 120 centimeter karena curah hujan yang tinggi.

Banjir 1 Meter Lebih di Tangerang, Masih ada Warga yang Bertahan di Rumah
TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Keadaan Kelurahan Gebang Jaya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang di perumahan Garden City banjir setinggi 120 centimeter, Selasa (25/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, PERIUK - Masih ada beberapa warga Kelurahan Gebang Jaya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang yang bertahan di rumahnya walau banjir merendam tempat tinggal mereka.

Padahal, selama dua hari satu malam, kawasan tersebut sudah direndam banjir setinggi 120 centimeter karena curah hujan yang tinggi.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan masih ada beberapa warga yang bertahan di lantai dua rumahnya walau banjir menggenangi kawasan Gebang Jaya.

Untuk mengantisipasi adanya tindakan krimimal, pihaknya dibantu TNI dan dinas terkait untuk melakukan patroil 24 jam berkeliling perumahan Garden City.

"Kita amankan perumahan-perumahan yang ditinggalkan pengungsi, kita patroli di lokasi jangan sampai ada barang-barang hilang," kata Nana di Tangerang, Selasa (25/2/2020).

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana usai mengunjungi Kelurahan Gebang Jaya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang yang banjir setinggi 120 centimeter, Selasa (25/2/2020).
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana usai mengunjungi Kelurahan Gebang Jaya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang yang banjir setinggi 120 centimeter, Selasa (25/2/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA)

Kendati demikian, Nana tetap mengimbau untuk warga yang bersikeras bertahan di rumahnya untuk segera mengungsi ke posko yang sudah disediakan Pemerintahan Kota Tangerang.

Sebab, lanjut Nana, BMKG pusat telah memprediksi cuaca ekstrem dan curah hujan akan terus tinggi sampai tujuh hari ke depan.

"Dari BMKG sudah peringatkan khususnya bagi daerah-daerah yang memang langganan banjir untuk warga tersebut dengan kesadaran sendiri mengungsi ke tempat yang lebih aman," imbau Nana.

Ia menjelaskan kalau banjir yang menggenangi Kelurahan Gebang Jaya, Kota Tangerang tersebut sudah dua hari satu malam karena curah hujan yang sangat tinggi.

Sehingga, sebanyak 782 kepala keluarga terdampak banjir hingga merendam rumah mereka.

"Jumlah ada 1882 orang (terdampak) dan tadi sudah kita lakukan evakuasi sekira 170 orang. Saat ini ada di posko pengungsian," jelas Nana.

Sementara, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan patroli petugas di lapangan akan terus digencarkan sampai air surut.

Atau sampai BMKG menyatakan keadaan sudah kondusif dan aman.

"Ini satgas banjir memang dibentuk oleh Polda, TNI, dan Pemda ada 100 lebih anggota diturunkan untuk membantu korban banjir. Terus akan kita siagakan sampa selesai," ucap Yusri.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved