Breaking News:

Banjir di Bekasi

Banjir Dua Meter, Perumahan Bumi Nasio Indah Bekasi Jadi Lokasi Paling Parah Terdampak Banjir

Banjir setinggi dua meter merendam kawasam Perumahan Bumi Nasio Indah di Jalan Raya Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Selasa, (25/2/2020).

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Banjir di Perumahan Bumi Nasio Indah, Jalan Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Selasa, (25/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, JATIASIH - Banjir setinggi dua meter merendam kawasam Perumahan Bumi Nasio Indah di Jalan Raya Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Selasa, (25/2/2020).

Banjir di perumahan tersebut merupakan yang terparah di Kota Bekasi imbas meluapnya aliran Kali Cakung yang berada di kawasan sekitar pemukiman warga.

Pantauan TribunJakarta.com, kondisi perumahan hingga pukul 18.15 WIB, masih tergenang banjir cukup tinggi, pada pintu gerbang akses masuk perumahan, air menutupi jalan hingga hampir setinggi atap pos pengamanan.

Sejumlah petugas gabungan masih nampak bersiaga di depan pintu gerbang perumahan dengan perahu karet. Mereka, tetap melakukan evakuasi warga yang beberapa diantaranya masih memilih bertahan di lantai dua rumah.

"Sebagian warga masih di dalam, kami dari tim gabungan BPBD, TNI Polri bersiaga untuk mengevakuasi warga dari tadi pagi," kata Adit petugas BPBD Kota Bekasi.

Dia menjelaskan, banjir di Perumahan Bumi Nasio Indah sudah terjadi sejak pukul 01.00 WIB dini hari hari, ketinggian hingga kini telah mencapai dua meter dan merupakan yang paling parah di Kota Bekasi.

"Di sini paling parah terdampak, karena ketinggian airnya mencapai dua meter, dari kami tim gabungan menyiapkan 4 perahu karet," jelas dia.

Banjir di Perumahan Bumi Nasio Indah dan sejumlah wilayah di Kota Bekasi diakibatkan hujan deras yabg melanda sejak kemarin malam hingga dini hari.

Akibat hujan lebat tersebut, debit air di Kali Cakung yang membentang di kawasan pemukiman warga meingkat dan terjadi luapan hingga menyebabkan banjir.

BPBD hingga saat ini masih terus menyisir rumah-rumah warga untuk memastikan kembali warga yang ingin dievakuasi dari dalam rumahnya. Tetapi, sebagian masih tetap bertahan menunggu sampai banjir surut.

"Kami terus menghimbau agar dievakuasi terutama untuk lansia, ibu hamil dan bayi, untuk yang tetap bertahan mereka berada di lantai dua," paparnya.

Selain membanjiri pemukiman warga, air Kali Cakung juga meluap hingga memenuhi ruas Jalan Jatimekar depan Perumahan Bumi Nasio Indah. Akibatnya, arus lalu lintas lumpuh, sejumlah kendaraan mogok usai menerjang banjir.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved