Breaking News:

Banjir di Bekasi

Banjir di Perumahan Harapan Baru 2 Bekasi Surut, Warga Butuh Bantuan Air Bersih

Ketua RW 02 Zulkarnain Irawan, mengatakan, banjir mulai surut sejak semalam sekira pukul 19.00 WIB setelah debit air di Kali Cakung menurun.

TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kondisi Perumahan Harapan Baru 2 Bekasi pascabanjir yang meladan selama dua hari, Kamis, (27/2/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI BARAT - Banjir di Perumahan Harapan Baru 2, Kelurahan Bekasi Kota, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi akhirnya surut setelah dua hari menggenangi pemukiman warga, Kamis, (27/2/2020).

Pantauan TribunJakarta.com, akses utama perumahan nampak sudah pulih setelah seblumnya lumpuh total akibat banjir.

Sejumlah warga juga masih nampak membersihkan sisa lumpur akibat banjir yang memenuhi rumahnya, beberapa pertokoan bahkan sudah mulai melakukan aktivitas perdagangan sambil membersihkan barang-barang yang masih bisa diselematkan.

Ketua RW 02 Zulkarnain Irawan, mengatakan, banjir mulai surut sejak semalam sekira pukul 19.00 WIB setelah debit air di Kali Cakung menurun.

"Sudah surut sejak semalam, debit air Kali Cakung yang ada di perumahan menurun dan kita kebetulan ada dua mesin pompa yang aktif jadi langsung disedot," kata pria yang akrab disapa Zul.

Dia menjelaskan, banjir kali ini terjadi cukup parah di pemukiman tempat tinggalnya. Total, air menggenang selama dua hari di pemukiman warga sehingga menyulitkan proses pemulihan pascabanjir.

Kronologi Kebakaran di Lantai Dasar Gedung Thamrin City Jakarta Pusat

Terungkap Pembunuh Siswi SMP Tewas di Gorong-gorong: Dipicu Rengekan Korban Minta Uang Study Tour

"Sekarang banjir sudah surut tinggal sisa lumpur aja yang masih lumayan parah karena dua hari terendam," ujarnya.

Warga sejauh ini juga membutuhkan bantuan berupa air bersih untuk menyemport sisa lumpur akibat banjir yang masih menempel di lantai dan barang-barang perabotan.

Bantuan air bersih kata Zul, baru datang dari PMI berupa satu unit tangki air bersih. Jumlah itu menurutnya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Pascabanjir inikan ada sampah dan lumpur, terus tangki air baru satu dari PMI yang kita butuhkan air bersih tentu buat semprot sisa lumpur, sama truk sampah buat angkut sampah bekas banjir," tegas dia.

Untuk diketahui, banjir di Perumahan Harapan Baru 2 terjadi sejak Selasa, (25/2/2020), ketinggian air pada saat banjir mencapai 1,5 meter akibat luapan Kali Cakung yang berada di tengah-tengah perumahan.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved