Breaking News:

Komisi I DPR RI Sepakat Membentuk Panja Ketahanan Virus Korona

Panja ini akan memastikan kelengkapan instrumen ketahanan negara dalam menghadapi dampak multidimensi virus corona,

ISTIMEWA/Dokumentasi pribadi
Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyebaran virus Corona yang mengkhawatirkan di beberapa negara, temasuk Indonesia membuat Komisi I DPR RI memutuskan untuk membentuk Panitia Kerja (Panja) Ketahanan Negara untuk Virus Covid-19, dengan mitra utama Kemhan dan BIN.

Menurut anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi, Panja ini akan memastikan kelengkapan instrumen ketahanan negara dalam menghadapi dampak multidimensi virus corona, baik dari aspek kesiapan pencegahan penyebaran, penangkalan, dan pemulihan, dan dampak ekonomi.

“Tentu dampaknya multidimensi, untuk itu kita harus siapkan secara komprehensif, mulai dari evaluasi peralatan deteksi dini, karantina hingga pemulihan di seluruh Indonesia," kata Bobby dalam keterangan yang diterima, Kamis (27/2/2020).

Untuk itu Bobby menambahkan, panja ini akan memastikan dalam memonitor kesiapan lembaga negara dalam mengantisipasi pelambatan transaksi ekonomi atas hal tersebut, seperti sektor importasi bahan baku atau ekspor hingga sektor pariwisata yang pasti akan terdampak.

Sementara itu, menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa penyebaran Virus Corona memberikan dampak ekonomi yang sangat besar dan mulai mengkhawatirkan, resikonya lebih tinggi jika melihat penyeebaran virusnya yang makin meluas.

“Munculnya corona virus ini timbulkan dinamika cepat, hanya dalam waktu 2 minggu maka seluruh proyeksi dan assessment terhadap resiko 2020 berubah, resiko lebih tinggi,” kata Sri Mulyani saat menghadiri acara Indonesian Economi Outlock 2020 di Ballroom Hotel Ritz Calton Jakarta, Rabu 26 Februari 2020.

Hingga saat ini belum ada tanda-tanda wabah virus ini meredup, malah penyebarannya semakin merajalela hingga ke timur tengah.

Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved