Breaking News:

8 WNI Positif Virus Corona Dirawat di Jepang, 2 Kru Kabin Kapal Diamond Princess Tolak Dievakuasi

Terdapat delapan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ternyata masih menjalani perawatan di Jepang karena terpapar virus corona.

TribunJakarta/Ega Alfreda
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi (tengah) saat ditemui di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (28/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Terdapat delapan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ternyata masih menjalani perawatan di Jepang karena terpapar virus corona.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kalau kedelapan WNI itu dirawat di beberapa rumah sakit yang tersebar di Jepang.

"Bahwa masih terdapat delapan Warga Negara Indonesia yang saat ini sedang dirawat di beberapa rumah sakit di Jepang," kata Retno di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (28/2/2020).

"Kita tentunya mendoakan agar mereka segera dapat pulih," sambungnya.

Sebab, diketahui kedelapan WNI yang terpapar Virus Corona tersebut merupakan kru kapal pesiar Diamond Princess.

Retno juga mengatakan kalau ada dua WNI yang merupakan kru kapal pesiar Diamond Princess menolak untuk dievakuasi.

"Sementara dua Warga Negara Indonesia kru dari kapal pesiar menyatakan mereka ingin melanjutkan pekerjaan di kapal tersebut, sehingga memutuskan untuk tidak ikut pulang," ujar Retno.

Sebab, sebanyak 23 orang dikirim ke Yokohama, Jepang untuk menjemput 68 Warga Negara Indonesia (WNI) kru kabin kapal pesiar Diamond Princess.

Ke-23 orang tersebut akan terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat (28/2/2020) pukul 16.00 WIB,

Tim evakuasi akan diperkirakan mendarat di Haneda, Jepang pada Sabtu (29/2/2020) sekira pukul 01.00 waktu setempat.

Tim evakuasi direncanakan akan kembali ke Indonesia dari Haneda membawa 68 WNI pada tanggal 1 Maret 2020 berangkat dari pukul 18.00 WIB sampai tengah malam.

"Kali ini evakuasi dilakukan untuk menjemput 68 WNI kru kapal pesiar Diamond Princess yang saat ini di Yokohama. Sebelum mereka dikembalikan telah dilakukan pemeriksaan tes dan saat ini status mereka adalah negatif," ucap Retno.

Sebagai informasi, 23 orang tersebut terdiri dari TNI, Polri, Kementerian Sosial, Kementerian Perhubungan, Kemenkumham dan lainnya lagi.

Namun, Retno enggan menyebutkan di mana lokasi pendaratan ke-68 WNI kru kapal pesiar Diamond Princess pada 1 Maret 2020 mendatang.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved