Penerbangan Tujuan Arab Saudi Dihentikan Sementara Mulai Hari Ini

Seluruh maskapai di Indonesia tidak melayani sementara penerbangan tujuan Arab Saudi mulai hari ini, Jumat (28/2/2020).

TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Ribuan calon jemaah umrah yang terdampar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta karena penutupan sementara penerbangan ke Arab Saudi karena Virus Corona, Kamis (27/2/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Seluruh maskapai di Indonesia tidak melayani sementara penerbangan tujuan Arab Saudi mulai hari ini, Jumat (28/2/2020).

Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Hal ini untuk menghormati keputusan dari pihak otoritas Arab Saudi yang mengumumkan penangguhan sementara visa umrah dan wisata ke negara itu. Ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona.

"Besok (hari ini) itu sudah tidak ada lagi penerbangan ke Arab Saudi," kata Budi ketika ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Keputusan untuk penghentian sementara penerbangan ke Arab Saudi tersebut sudah diputuskan bersama-sama oleh Menteri Luar Negeri, Menteri Agama, Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II, Menhub, serta Menko PMK.

"Jadi, saya jelaskan bahwa ada satu keputusan dan keputusan itu bukan dari kami, tapi dari Arab Saudi. Dan itu memperhitungkan hal-hal yang diambil risikonya. Oleh karena itu, kami memahami itu," ujarnya.

Sebelumnya, maskapai Garuda Indonesia masih menunggu kepastian pemerintah terkait status penerbangan umrah ke Arab Saudi.

Pasalnya, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi memutuskan untuk menangguhkan izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi, mulai Kamis kemarin.

Sama halnya dengan pihak maskapai Lion Air, sejak Kamis kemarin masih melayani penerbangan menuju ke Negeri Timur Tengah tersebut.

"Lion Air hingga saat ini masih mengoperasikan layanan penerbangan umrah atau belum mengalami pembatalan," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulisnya.

Halaman
1234
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved