Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Pengawasan Virus Corona Melalui Bandara dan Pelabuhan Internasional Diklaim Sesuai Prosedur

Pencegahan virus Corona melalui bandar udara dan pelabuhan internasional telah dilakukan secara optimal.

TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (29/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Pemerintah Indonesia mengakui sudah menjalankan pencegahan masuknya Virus Corona ke Indonesia.

Pencegahan Virus Corona melalui bandar udara dan Pelabuhan Internasional telah dilakukan secara optimal.

Sesuai prosedur yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang ada di Bandara maupun Pelabuhan.

Sebab, belakangan bersliweran informasi kalau adanya dugaan kurangnya pengawasan terhadap penumpang dari Luar Negeri melalui Bandara dan Pelabuhan Internasional di Indonesia.

"Bahkan sebelum WHO menetapkan status darurat Global Wabah Virus ini, Kemenhub telah melakukan koordinasi dengan KKP dan seluruh stakeholder terkait baik di Bandara maupun pelabuhan untuk memperketat pengawasan masuknya penumpang internasional," jelas Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Senin (2/3/2020).

Di bandara misalnya, Kemenhub telah membentuk Komite FAL (Fasilitasi) Nasional yang diketuai para Kepala Kantor Otoritas Bandara, khusunya bandara internasional.

Hal itu kata Budi untuk memastikan seluruh stakeholder penerbangan telah menjalankan pengawasan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh Kemenkes melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara.

Berdasarkan koordinasi dengan KKP Kemenkes di bandara, beberapa prosedur yang harus dijalani oleh stakeholder penerbangan antara lain;

Menyediakan media sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pengguna jasa transportasi udara, terkait dengan kewaspadaan dan pencegahan penyebaran virus corona di bandar udara.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved