Terintegrasi dengan MRT Jakarta, 4 Stasiun Kereta Api di Jakarta Pusat Ditata Ulang

Penandatanganan itu dilakukan pada 10 Januari 2020, di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta Pusat.

Penulis: Muhammad Rizki Hidayat | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/SUCI FEBRIASTUTI
Executive Vice President Daop 1 Jakarta R. Dadan Rudiansyah di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (4/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Empat (4) stasiun kereta api di Jakarta Pusat akan ditata ulang sesuai dengan Perjanjian Penataan Stasiun Terintegrasi antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Penandatanganan itu dilakukan pada 10 Januari 2020, di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta Pusat.

EVP 1 PT KAI Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, mengatakan empat stasiun yang akan ditata ulang di antaranya stasiun Tanah Abang, Juanda, Sudirman, dan Pasar Senen.

Untuk stasiun Tanah Abang, kawasan integrasi akan menggunakan pemanfaatan lahan milik PT KAI seluas 3.578 meter.

"Nantinya pada lahan yang terletak di depan hall bawah stasiun arah Jalan Jatibaru, akan terdapat beberapa fasilitas penurunan dan pengambilan penumpang ojek online," kata Dadan, dalam keterangan tertulisnya kepada Wartawan, Senin (2/3/2/2020).

Lahan parkir sementara (ojek pangkalan) dan tempat pemberhentian bajaj pun disediakan.

Ruang bagi pejalan kaki, halte bus TransJakarta, dan perlengkapan transit penumpang lainnya.

Pada stasiun Juanda, tepatnya di kawasan rumah toko (ruko) arah Masjid Istiqlal, akan dilakukan relokasi ke lahan bawah jalur rel layang.

Jalur rel layang ini akan mengarah ke Utara atau Stasiun Jakarta Kota.

Untuk Stasiun Sudirman, penataan hall pintu keluar-masuk penumpang akan diperluas.

"Sehingga mengarahkan penumpang lebih mudah menuju area pedestrian yang akan mengarah ke moda lanjutan seperti MRT, KA Bandara Railink, dan TransJakarta," tambah Dadan.

Begitu juga dengan area ojek online dan pangkalan yang saat ini sedang dilakukan proses penataannya bersama Pemprov DKI dan MRT.

Untuk stasiun Pasar Senen, ruang keluar-masuk penumpang juga akan diubah sehingga terhubung langsung dengan tempat tunggu ojek online.

Dadan berharap, program tata ulang empat stasiun kereta api ini memudahkan para penumpang.

"Diharapkan melalui program penataan ini setelah menggunakan moda KRL dan KA Jarak Jauh stasiun Pasar Senen, para pengguna di empat stasiun tersebut dapat menjangkau moda transportasi lanjutannya lainnya," tutup Dadan.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved