Breaking News:

Lengan Sering Terasa Sakit Usai Membawa Beban yang Berat: Ini Penjelasan Dokter

Hal ini umum terjadi pada orang yang jarang melatih otot-ototnya. Padahal, sebagaimana sebuah bagian dari fisik, kesehatan otot penting untuk dipeliha

TribunJakarta/Pebby Ade Liana
Konsultan geriatri, Dr. dr. C Heriawan Soejono, Sp.PD, K. Ger, M.Epid mengatakan bahwa rasa sakit yang timbul pada lengan usai membawa beban berat bisa muncul akibat kondisi otot yang tidak siap menampung beban yang cukup berat, Kamis (5/3/2020) 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG-  Berbelanja, merupakan kegiatan yang paling disenangi banyak orang. Namun pernahkah kamu merasakan sakit pada bagian lengan usai membawa kantong belanjaan yang berat? Normalkah jika kondisi tersebut terjadi?

Konsultan geriatri, Dr. dr. C Heriawan Soejono, Sp.PD, K. Ger, M.Epid mengatakan bahwa rasa sakit yang timbul pada lengan muncul akibat kondisi otot yang tidak siap menampung beban yang cukup berat.

Hal ini umum terjadi pada orang yang jarang melatih otot-ototnya. Padahal, sebagaimana sebuah bagian dari fisik, kesehatan otot penting untuk dipelihara.

"Kalau tidak dilatih angkat beban berat bisa ganggu otot. Kita nggak tau kapan akan diminta bantuan sama ibu kita bawain belanjaan, kita harus melatih supaya ketika ada beban lebih tersebut dalam waktu singkat, kita siap," kata dr Heriawan, Kamis (5/3/2020).

Ia mengatakan, penting bagi kita untuk terus melatih kekuatan otot.

Tak perlu dengan mengangkat barbel yang berat, cukup dengan melakukan gerakan fisik seperti senam kecil, streaching, atau mengangkat beban kecil seperti sebotol air mineral secara rutin.

Ini bisa berdampak baik pada kesehatan sendi dan otot.

"Digerakkan secara teratur, yang penting keteraturan itu. Sendi terpelihara, otot terpelihara sehingga ketika ada tas atau beban yang beratnya ekstra kita bisa angkat dengan baik," bebernya.

Pada kasus yang parah, kondisi lengan yang tidak siap dalam menampung beban yang berat dijelaskan oleh dr Heriawan bisa mengalami kerusakan pada sambungan otot dan sendi.

Rasa sakit yang parah bisa timbul akibat robeknya sambungan yang ada antara otot, sendi, juga tulang bahu.

Ia pun mengingatkan soal pentingnya melatih ketahanan otot sejak usia muda.

Tutorial Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp, Diklaim Bisa Lebih Hemat Baterai

Katy Perry Umumkan Kehamilan: Ini Perjalanan Cintanya dengan Orlando Bloom

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Tangkal Corona, Bir Pletok Diborong Warga Tangsel

"Kalau membawa belanjaan berarti kan jadi ketarik ke bawah, berarti sambungan antara otot dengan tulang pada sendi bahu bisa robek. Makanya harus latihan. Pelihara supaya (sendi) gerak 360 derajat terus," kata dia.

"Robek di sambungan antara otot dan sendi dan tulang itu membuat sakit luar biasa. Jadi terus gimana, mau gerak ini itu nggak bisa, enggak kuat. Kalau terbiasa kan terstruktur, dirancang dengan latihan," pungkas dia.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved