Virus Corona di Indonesia

KRL Dianggap Rentan Terkontaminasi Terbesar Corona, Respon Anies, PT KCI dan Tanggapan Santai Warga

Anies Baswedan merespon soal foto presentasi risiko kontaminasi terbesar virus corona adalah KRL rute Bogor-Depok-Jakarta Kota.

TRIBUNJAKARTA.COM/SUCI FEBRIASTUTI
KRL Commuter Line 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespon soal foto presentasi risiko kontaminasi terbesar virus corona adalah KRL rute Bogor-Depok-Jakarta Kota.

Ia menyebut, foto tersebut merupakan bahan pemaparan kepada seluruh Kepala SKPD dan BUMDdalam rapat terbatas yang digelar pagi tadi.

Tujuan pemaparan itu untuk memberikan gambaran kepada jajaran Pemprov DKI dalam menyiapkan langkah pencegahan penyebaran virus corona.

"Tujuannya untuk internal supaya bisa bersiap dan bisa melakukan langkah-langlah mitigasi," ucap Anies di Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (11/3/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun tak membantah informasi dalam foto itu yang menyebut KRL rute Bogor-Depok-Jakarta Kota memiliki risiko potensi kontaminasi terbesar.

"Jadi yang disampaikan itu bukan bahwa saat ini ada kasus, bukan. Tapi, bahwa saat ini kita punya potensi risiko-risiko, salah satunya adalah transportasi, tapi ada juga aspek lain," ujarnya di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat.

Adapun, informasi yang ada dalam foto itu disebut Anies, berasal dari data tempat tinggal pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pantauan (ODP) yang telah dikumpulkan oleh Pemprov DKI.

"Kita kan memiliki data sebaran orang-orang dalam pemantauan, data PDP dan ODP, dari situ kemudian dibentuk petanya dan tadi dipaparkan," ujar Anies.

"Tapi kan itu untuk kebutuhan internal supaya kita bisa melakukan langkah mitigasi," sambungnya.

Berdasarkan informasi tersebut, Anies mengklaim Dinas Perhubungan DKI langsung berkoordinasi dengan pihak terkait guna mencegah penyeraban virus corona di transportasi umum.

Halaman
1234
Penulis: MuhammadZulfikar
Editor: Wahyu Aji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved