Sidang Pembunuh Ayah Anak di Lebak Bulus

Kuasa Hukum Aulia Kesuma Menilai Saksi yang Dihadirkan Jaksa Tak Mengerti Pokok Perkara

Kuasa hukum Aulia Kesuma dan Geovanni Kelvin, Firman Candra, nilai saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak mengerti pokok perkara.

TRIBUNJAKARTA.COM/ANNAS FURQON HAKIM
Kuasa hukum Aulia Kesuma dan Geovanni Kelvin, Firman Candra (kedua dari kiri), di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (16/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Annas Furqon Hakim

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR MINGGU - Kuasa hukum Aulia Kesuma dan Geovanni Kelvin, Firman Candra, menilai saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak mengerti pokok perkara pembunuhan berencana yang terjadi.

Dalam persidangan hari ini, Senin (16/3/2020), Jaksa menghadirkan petugas Bank BRI cabang Cimanggis bernama Darusman Tarigan.

"Kenapa kami tidak bertanya detail, karena dia tidak tahu pokok perkara terjadinya pembunuhan berencana ini. Dia hanya sekadar menceritakan ada tanah yang diagunkan, nilai NJOP-nya Rp 5 miliar. Kemudian Ibu Aulia meminjam Rp 2,5 miliar," kata Firman usai persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Pada sidang pekan lalu, di mana Jaksa menghadirkan petugas Pemadam Kebakaran dan kasir minimarket di Apartemen Kalibata City, Firman juga berpendapat sama.

"Selalu JPU yang menghadirkan saksi-saksi yang bagi kami tidak mengetahui pokok perkara. Kemarin kasir dari Alfa Express dan pemadam kebakaran. Mereka tidak tahu adanya mayat di dalam rumah tersebut. Jadi terus terang ini menguntungkan kuasa hukum dan terdakwa," ujar dia.

Darusman membenarkan Aulia memiliki utang pinjaman di Bank BRI cabang Cimanggis.

Namun, nominalnya bukan Rp 10 miliar seperti yang disebutkan Aulia dalam berkas acara pemeriksaan (BAP) maupun dakwaan Jaksa.

"Nilai pinjamannya Rp 2,5 miliar. Itu terdiri dari dua pinjaman. Untuk angsurannya yang satu Rp 18 juta, satu lagi 21 juta. Jadi kurang lebih Rp 40 juta sebulan," kata Darusman.

Menurut dia, Aulia meminjam uang ke bank untuk modal usaha dengan mengatasnamakan CV Cipta Kreasi.

Halaman
12
Penulis: Annas Furqon Hakim
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved