Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Pemkot Bekasi Imbau Salat Jumat Ditidakan Dua Pekan

Wali Kota dan para ulama menyepakati kegiatan keagamaan yang sifatnya berkumpul agar ditunda

TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi tidak menggelar salat Jumat mulai hari ini. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar 

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi mengimbau warga melaksanakan salat di rumah akibat pandemi virus corona yang kian memprihatinkan, Jumat, (20/4/2020). 

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi hari ini mengundang rapat sejumlah ulama serta pengurus MUI Kota Bekasi ke kantor Pemkot Bekasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan. 

Dalam rapat bersama itu, Wali Kota dan para ulama menyepakati kegiatan keagamaan yang sifatnya berkumpul agar ditunda.

Penundaan itu terjadi hingga dua minggu ke depan.

"Kita menyepakati tadi bahwa kegiatan peribadatan yang diselenggarakan secara bersama-sama di rumah ibadah kita menyepakati untuk ditunda hingga kondisi memungkinkan. Untuk sementara waktu kita lakukan selama dua pekan ke depan. Nanti kita pantau kondisinya dua minggu lagi," kata Rahmat.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Bekasi Mir'an Syamsuri , mengatakan, sesuai fatwa MUI pusat, imbauan ini diharapkan dapat dilaksanakan di seluruh masjid di Kota Bekasi agar mengantisipasi wabah virus corona.

"Kepada Saudara-saudara, khususnya umat Islam yang ada di Kota Bekasi, karena saat ini Kota Bekasi dalam kondisi siaga Covid 19, dengan terjadinya penyebaran virus Corona yang sudah amat dahsyat, karena itu sesuai fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 bahwa untuk pelaksanaan ibadah secara berjemaah, untuk saat ini diharapkan agar supaya melaksanakan di kediaman masing-masing," kata Mir'an Syamsuri.

"Kita bertawakal pada Allah memang dari segala musibah yang ada, namun ikhtiar merupakan kewajiban kita, maka pemerintah Kota Bekasi berharap ke kita agar supaya kita aman, dan selamat dari keadaan yang sangat mengkhawatirkan seperti saat ini," tambahnya.

Adapun pantauan TribunJakarta.com di Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi, pihak DKM Masjid telah memutuskan untuk meniadakan salat Jumat mulai hari ini hingga dua pekan kedepan.

Sutiarna Aldi pengurus DKM Al-Barkah mengatakan, pihaknya mengikuti instruksi MUI dan himbauan Pemkot Bekasi. Sebagai gantinya, jamaah dipersilahkan menunaikan salat dzuhur. 

Mulai Hari Ini, Warga Depok Diimbau Ibadah di Rumah Masing-Masing Hingga 4 April 2020

Covid-19 Buat Resah, Ahli Virus Sebut Virus Corona yang di Luar Tubuh Bisa Hancur Oleh Cairan Ini

"Kita mengikuti fatwa MUI dan Himbauan Wali Kota, jamaah juga sudah kita sosialisasikan sebelum keputusan ini dikeluarkan," jelas dia.

Sementara berdasarkan pengamatan TribunJakarta.com, sejumlah masjid masih nampak menggelar salat jumat berjamaah seperti di Masjid El-Muwahidin Jalan Ir. Juanda dan Masjid Baitul Muttaqin Pondok Ungu Bekasi.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved