Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Tidak Salat Jumat karena Covid-19 dan Perspektif 4 Mazhab

Dalam kondisi mewabahnya Covid-19 ini kita dapat memilih pendapat imam mazhab yang lebih memungkin tentang syarat sahnya salat Jumat.

Editor: Y Gustaman
TRIBUNJAKARTA.COM/SATRIO SARWO TRENGGINAS
Masjid Raya Pondok Indah tidak melaksanakan Salat Jumat mengikuti imbauan Gubernur DKI Jakarta dan MUI Jakarta yang menunda kegiatan beribadah di masjid sebagai upaya antisipatif pencegahan penyebaran virus Covid-19 pada Jumat (20/3/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Seusai fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Covid-19 dikeluarkan, banyak diskusi.

Masyarakat pun bertanya-tanya apakah hari Jumat khatib akan baca khutbah atau masjid masih menyelenggarakan salat Jumat?

Dalam fatwa tersebut menegaskan tentang dua hal.

KH Dr Cholil Nafis, Ketua Komisi Dakwah MUI
KH Dr Cholil Nafis. (Tribunnews.com)

Pertama, orang yang terpapar virus corona atau Covid-19 harus mengisolasi diri dan haram untuk melaksanakan salat Jumat karena dapat menularkan dan membahayakan orang lain.

Prinsipnya, memelihara kemaslahatan umum didahulukan daripada kemaslahatan individu dan juga prinsip menolak keburukan didahulukan daripada memperoleh kebaikan.

Kedua, orang yang sehat dan belum diketahui terkena Covid-19 maka ada dua hal dan kondisi.

Jika ia berada di daerah yang rawan tinggi dan menurut otoritas medis dan pemerintah yang dipercaya rawan dan bahaya dengan penularan penyakit maka ia boleh tidak melaksanakan salat Jumat.

Kata 'boleh' artinya juga boleh melaksanakan Jumatan. Meskipun itu juga bisa jadi uzur untuk tidak melaksanakan salat Jumat.

Jika dalam kondisi sehat di tempat yang rendah bahkan tak ada tanda-tanda penolaran Civid-19 maka tetap wajib salat Jumat dengan penuh kehati-hatian dan ikhtiar dengan sebaik-baiknya, seperti jaga kebersihan dan selalu memelihara wudu.

Kata 'tidak' melaksanakan ibadah salat itu berbeda dengan meniadakan Jumatan. Tidak melaksanakan salat Jumat berarti bisa saja hanya dia sendiri yang tak melaksanakan shalat Jumat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved