Virus Corona di Indonesia

3 Hal Penting yang Dapat Dilakukan Relawan Penanganan Covid-19 

"Jadi dukungan logistik dan masyarakat yang terdampak pandemik ini, juga di dalamnya penyaluran makanan dan kerja sama," katanya.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
ILUSTRASI Petugas medis membawa pasien ke dalam ruang isolasi Gedung Pinere RSUP Persahabatan, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan menerima total 31 pasien dengan status dalam pemantauan dan pengawasan berkaitan dengan virus Covid-19 atau virus Corona dan saat ini masih diobservasi secara intensif. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, MATRAMAN - Bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19, membuat sejumlah masyarakat tergerak untuk menjadi relawan.

Menurut Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia, Andre Rahadian animo masyarakat sudah mulai terlihat.

Sehingga ia menyampaikan tiga hal penting bagi para relawan saat siaran langsung di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Matraman, Jakarta Timur, Minggu (22/3/2020).

"Dengan banyaknya animo masyarakat untuk bergabung menjadi relawan dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, kami berdasarkan arahan dari kepala Gugus Tugas menyampikan bahwa untuk smua relawan yang akan bergabung dapat bersama-sama untuk menyalurkan bantuannya maupun tenaganya pada 3 hal," ujar Andre.

Berikut tiga hal tersebut:

1. Untuk bidang medis, semua tenaga medis baik alumni perguruan tinggi maupun mahasiswa tingkat akhir dapat bergabung sebagai tenaga medis administarasi dan juga support di Rumah Sakit.

Menurut Andre, hal ini diperlukan untuk menjaga ketahanan dan kelangsungan dari penanganan Covid-19, yang di mana tenaga medis ada di gugus terdepan.

2. Relawan juga bisa berperan serta dalam dukungan logistik, yang di mana tenaga medis harus di support, baik dari segi makanan bergizi, vitamin maupun dukungan logistik lainnya.

"Jadi di sini masyarakat dan relawan bisa bersama-sama dengan Gugus Tugas. Bersama-sama mendukung kedua hal ini, dimana fungsi dan konstrasinya adalah di penanganan tenaga medis, baik di RS rujukan maupun di RS darurat yg akan segera dibuka pemerintah," jelas Andre.

3. Memohon bantuan dan mengajak relawan untuk bersama-sama menangani golongan yang rentan secara ekonomi.

"Jadi dukungan logistik dan masyarakat yang terdampak pandemik ini, juga di dalamnya penyaluran makanan dan kerja sama dari pemerintah untuk menyalurkan bantuan-bantuan yang ada," katanya.

Sehingga bantuan relawan diharapkan dapat membantu penangan agar berjalan dengan cepat dan menyeluruh di semua Provinsi dan Kabupaten

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved