Nyepi di Bali: Internet Mati, Ambulans Tetap Berjalan, Pelabuhan dan Bandara Ditutup

Umat Hindu akan merayakan hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1942/2020 Masehi yang jatuh pada, Rabu (25/3/2020).

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Ogoh-ogoh yang dikerjakan ulang oleh STT Eka Dharma Suwitra, Kamis (19/3/2020) 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Umat Hindu akan merayakan hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1942/2020 Masehi yang jatuh pada, Rabu (25/3/2020).

Aktivitas Nyepi pun sangat terasa di Pulau Dewata dimana mayoritas penduduknya beragama Hindu.

TribunJakarta.com mengutip TribunBali.com merangkum sejumlah kebijakan saat Hari Raya Nyepi, Rabu (25/3/2020).

Jaringan Internet Dimatikan

Ilustrasi Internet
Ilustrasi Internet (Kompas.com)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menegaskan bahwa keberadaan jaringan internet pada Hari Raya Nyepi tetap dimatikan.

Bukan hanya internet semata, tapi media sosial dan siaran Internet Protokol Television (IPTV) juga turut dimatikan dari 25 Maret 2020 pukul 06.00 di jam yang sama pada keesokan harinya.

Dalam surat balasannya kepada Ketua Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI) Wilayah Bali, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali menegaskan bahwa internet, media sosial dan IPTB hanya dihidupkan pada obyek vital.

Obyek vital tersebut antara lain layanan rumah sakit, kantor kepolisian, militer, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Sar Nasional (BASARNAS), pemadam kebakaran, pelabuhan dan bandara.

"Penghentian internet didasari atas seruan bersama Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan dan unsur Pimpinan Daerah pada Tanggal 11 Februari 2020, untuk menciptakan pelaksanaan Hari raya Nyepi yang khusuk, tertib, menghindari kemungkinan konflik dan keresahan yang muncul oleh berita-berita yang tidak bertanggung jawab di internet," tulis Sekda Dewa Indra dalam suratnya itu.

Dijelaskan olehnya, bahwa hal ini juga sesuai dengan Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 tentang Himbauan Untuk Melaksanakan Seruan Pemerintah Provinsi Bali Tahun 2020.

Halaman
1234
Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved