Standard Kelulusan Pengganti UN Jadi Wewenang Sekolah, Dinas Tidak Bisa Campur Tangan

Ujian Nasional (UN) tahun 2020 sudah ditiadakan untuk semua jenjang dari SD, SMP hingga SMA, standard kelulusan pun menjadi wewenang sekolah.

TRIBUNJAKARTA.COM/MUSLIMIN TRISYULIONO
Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMPN 13 Depok Jalan Raya Krukut No 75, Limo, Depok, Senin (23/4/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Ujian Nasional (UN) tahun 2020 sudah ditiadakan untuk semua jenjang dari SD, SMP hingga SMA, standard kelulusan pun menjadi wewenang sekolah.

Hal itu dinyatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan (Tangsel), Taryono, yang membawahi SD dan SMP di wilayahnya, saat ditemui di Kantor Pemkot Tangsel, Jalan Maruga, Ciputat, Tangsel, Selasa (24/3/2020).

Taryono mengatakan, pihaknya sebagai dinas pun tidak bisa menentukan standard kelulusan itu.

"Ini terkait kelulusan SD, SMP, termasuk paket A B dan C. Kita tunggu edaran resminya, tadi Pak Menteri di TV menyampaikan tidak ada UN, tidak ada US juga. Maka penetapan kelulusan menjadi kewenangan sekolah," ujar Taryono.

Dua alternatif pun ditawarkan sebagai standard kelulusan kepada para siswa.

Yang pertama adalah akumulasi nilai dari kelas I hingga kelas VI untuk SD, dan akumulasi kelas I hingga kelas III untuk SMP.

"Nilai diambil dari akumulasi nilai yang ada di rapor dari semester 1 sampai semester 5 kalau SMP, kalau SD berarti 11, kelas 1 sampai, kelas 6 semester ganjilnya," ujarnya.

Selain itu, pihak sekolah juga bisa mengadakan ujian tersendiri, namun harus secara daring alias online.

Hal itu karena merujuk pada alasan awal ditiadakannya UN adalah agar tidak ada kerumunan massa, dalam hal ini para siswa yang ujian di kelas.

"Kebijakan pemerintah memang gitu, pilihan, kalau saja sekolah bisa mengadakan ujian sekolah gitu, yang berbasis online dari rumah, yang prinsip tidak boleh ada pengumpulan massa," ujarnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved