Antisipasi Corona di Bekasi

Door To Door Tes Cepat Covid-19 di Kota Bekasi Libatkan 365 Petugas

Tes cepat Covid-19 mulai hari ini dilakukan di Kota Bekasi, tpola yang ditapkan dalam proses pengetasan diantaranya, tes massal di Stadion Patriot.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Suasana tes cepat massal Covid-19 terhadap ratusan petugas medis di Stadion Patriot Bekasi, Rabu, (25/3/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Tes cepat Covid-19 mulai hari ini dilakukan di Kota Bekasi, pola yang ditapkan dalam proses pengetasan diantaranya, tes massal di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi dan pola door to door, Rabu, (25/3/2020).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, mengatakan, tea cepat yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi diperuntukkan bagi para pekerja medis yang berada di Kota Bekasi.

Sementara untuk pola door to door ke rumah-rumah warga merupakan untuk mereka yang sudah terdata dan memiliki indikasi kontak dengan orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), serta pasien positif Covid-19.

"Jumlah mereka (pekerja medis) ada 365 ternasuk petugas kecamatan, mereka pagi ini dilakukan tes di Stadion Patriot, sebelum nanti dilepas ke rumah-rumah warga yang sudah terdata," kata Rahmat.

Rahmat menjelaskan, tes massal di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi hari ini sekaligus sebagai simulasi bagi para petugas medis yang nanti akan diterjunkan melakukan tes Covid-19 ke rumah warga.

"Ini sekaligus orientasi bagi mereka dilapangan, di orang per orang nanti (door to door) yang kita turunkan adalah analisi, dia yang ambil darahnya, tentunya ada dua orang pembantu di tim kesehatan, jadi tiga orang dalam satu titik," paparnya.

Dia menjelaskan, dalam proses tes Covid-19 ke rumah-rumah door to door, petugas tetap akan menggunakan alat pelindung diri lengkap.

"Kita tes ambil darah lalu diuji menggunakan alat, jika positif akan kita lakukan tindakan, tapi kalau yang negatif akan kita umumkan," tegas dia.

Pria yang akrab disapa Pepen menargerkan, proses tes cepat door too door dapat rampung besok sebelum jam 12 siang.

"Mudah-mudahan hari ini hingga besok pagi sebelum jam 12 sudah selesai, sisanya yang dites adalah mereka-mereka yang bekerja sering berinterkasi dengan masyarakat,' tegas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved