Antisipasi Corona di Tangerang

Dampak Covid-19, Stok Darah di PMI Kota Tangerang Menurun Sampai 40 Persen

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang terkena dampak dari efek domino wabah virus corona atau Covid-19 di wilayahnya.

Dampak Covid-19, Stok Darah di PMI Kota Tangerang Menurun Sampai 40 Persen
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
ILUSTRASI: Seorang petugas mengecek labu darah di ruang pendingin Kantor PMI Kota Bandung, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (27/6/2016). Mengantisipasi menyusutnya jumlah pendonor selama Ramadan, PMI Kota Bandung membuka layanan 24 jam dan pelayanan donor darah dengan sistem jemput bola, karena saat ini persediaan darah di PMI Kota Bandung hanya bisa memenuhi kebutuhan untuk tiga hari ke depan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang terkena dampak dari efek domino wabah virus corona atau Covid-19 di wilayahnya.

Sebab, stok darah di PMI Kota Tangerang sudah mulai menipis karena teror Covid-19 membuat warga takut untuk berdonor darah.

Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang, Ade Kurniawan mengatakan, walau menipis tapi ia memastikan kalau stok darah masih ada sampai saat ini.

"Untuk ini kita menggunakan status motivasi donor, karena supaya stok di PMI Kota Tangerang tetap aman. Kalo untuk jumlah stok darah sudah mulai menipis," jelas Ade kepada TribunJakarta.com, Kamis (26/3/2020).

Ia tidak memungkiri kalau penurunan tersebut karena wabah Covid-19 di Kota Tangerang yang terus semakin parah.

Sehingga jumlah pendonor yang rutin mendonorkan darahnya berkurang secara drastis.

"Iya, karena dengan wabahnya Covid-19 jadi jumlah pendonor menurun," sambung Ade.

Bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019, Ade mengaku terjadi penurunan jumlah stok darah sampai 40 persen di PMI Kota Tangerang.

"Hampir 40 persen ya (penurunan)," singkatnya.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved