Antisipasi Virus Corona di DKI

Gubernur Anies Baswedan Sulap Hotel Grand Cempaka Jadi Penginapan Bagi Tim Medis yang Tangani Corona

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan fasilitas tempat tinggal bagi tenaga medis yang tangani pasien terkait virus corona ( Covid-19).

Gubernur Anies Baswedan Sulap Hotel Grand Cempaka Jadi Penginapan Bagi Tim Medis yang Tangani Corona
TribunJakarta/Dionisus Arya Bima Suci
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan fasilitas tempat tinggal bagi tenaga medis yang turut serta menangani pasien terkait virus corona ( Covid-19).

Fasilitas ini diberikan agar para tenaga medis itu bisa beristirahat dengan tenang dan nyaman usai bertugas.

Sebab, ada tenaga medis yang tak bisa beristirahat setelah memutuskan tak pulang ke rumah untuk menghindari risiko penularan virus corona kepada keluarga mereka.

"Tugas yang mereka miliki amat melelahkan dan sebagian dari mereka juga merasa perlu untuk tidak pulang ke rumah karena khawatir nanti kalau pulang punya risiko," ucapnya, Kamis (26/3/2020).

Untuk itu, Anies menyebut, pihaknya berinisiatif memberi fasilitas tempat tinggal kepada tenaga medis itu di Hotel Grand Cempaka Business yang beralamat di Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

"Mulai hari ini kami di DKI Jakarta menyiapkan fasilitas tempat tinggal kepada tenaga medis, bagi dokter dan perawat untuk mereka tinggal di hotel di Grand Cempaka," ujarnya di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat.

Tak hanya memberi fasilitas tempat tinggal, Pemprov DKI juga bakal memenuhi seluruh kebutuhan dasar tenaga medis itu.

Dengan demikian, sanak keluarga dari tenaga medis itu tak perlu cemas lagi dengan kondisi mereka.

"Semua kebutuhannya dipenuhi dan mereka tidak harus jauh-jauh pulang ke rumah, sehingga mereka bisa istirahat dengan tenang dan nyaman," kata Anies.

Pemprov DKI Jakarta sendiri, disebut Anies, telah menyiapkan 220 kamar dan 440 tempat tidur di Hotel Grand Cempaka Business itu.

"Tadi pagi mulai batch pertama dari RSUD Pasar Minggu dan Tarakan, ada 138 tenaga medis yang memanfaatkan tempat di Grand Cempaka," kata Anies.

Kedepannya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan kembali mencari tiga hotel lagi yang bakal disulap menjadi tempat tinggal bagi para petugas medis.

"Ada tiga tempat lain yang sedang dalam persiapan, ada tiga hotel atau penginaapan yang nanti akan digunakan," tuturnya.

"Jadi, total nantinya hampir 700 tempat tidur yang akan bisa menampung seluruh tenaga medis, dokter dan perawat," sambungnya.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved