Antisipasi Virus Corona di DKI

Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur Gelar 500 Rapid Test Covid-19

Puskesmas Kecamatan Kramat Jati melakukan 500 rapid test atau pemeriksaan cepat Covid-19 yang digelar mulai Kamis (26/3/2020).

Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur Gelar 500 Rapid Test Covid-19
Dokumentasi Puskesmas Kecamatan Kramat Jati
Proses rapid test yang dilakukan di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur melakukan 500 pemeriksaan cepat atau rapid test Covid-19 yang digelar mulai Kamis (26/3/2020).

Kepala Puskesmas Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan rapid test ditujukan untuk tenaga medis, orang dalam pemantauan (ODP), dan pasien dalam pengawasan (PDP).

"Total ada 500, hari ini sudah 213 orang yang sudah diperiksa. Untuk rapid test hari ini lebih banyak untuk tenaga kesehatan dan ODP," kata Inda saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).

Tenaga medis dapat prioritas karena terlibat langsung menangani pasien Covid-19, baik di RS dan yang dikarantina mandiri.

Penanganan pasien Covid-19 pun sangat bergantung kepada tenaga medis yang di sejumlah RS kekurangan alat perlindungan diri (APD).

"Besok dilanjutkan pemeriksaan tenaga medis yang belum, ODP, dan PDP. Pemeriksaan dilakukan bertahap agar jangan sampai ada kerumunan," ujarnya.

Wabah Virus Corona, Pemerintah Berencana Memberi Dana Intensif Kepada Karyawan Sektor Formal

Inda menuturkan rapid test di Puskesmas Kramat Jati dilakukan dalam satu ruang khusus yang sudah menerapkan social distancing.

Namun tenaga medis Puskesmas Kramat Jati bakal menyambangi rumah segelintir ODP yang menjalani karantina mandiri di rumah.

"Isolasi di rumah itu setiap harinya dipantau petugas medis Puskesmas. Yang isolasi di rumah mengalami gejala ringan, isolasi di RS hanya yang gejala berat," tuturnya.

Personel Tagana Sudin Sosial Jakarta Timur saat mengantar makanan ke rumah ODP yang menjalani isolasi mandiri di Kelurahan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).
Personel Tagana Sudin Sosial Jakarta Timur saat mengantar makanan ke rumah ODP yang menjalani isolasi mandiri di Kelurahan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020). (Istimewa/Dokumentasi Sudin Sosial Jakarta Timur)
Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved