Antisipasi Virus Corona di Depok

Rapid Test Covid-19 Dimulai Perdana di Puskesmas Limo Kota Depok

Kepala Puskesmas Limo Dokter Winarni Naweng Triwulandari mengatakan, seluruh tenaga medis di Puskesmas Limo sudha menjalani rapid test

Rapid Test Covid-19 Dimulai Perdana di Puskesmas Limo Kota Depok
TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Pukesmas Limo di Kota Depok, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, LIMOPuskesmas Limo di Kecamatan Limo, Kota Depok, menjadi lokasi perdana berlangsungnya rapid test Covid-19.

Diwartawakan sebelumnya, sebanyak 2.400 alat rapid test Covid-19 ini sudah tiba di Kota Depok sejak Rabu (25/3/2020) kemarin.

Kepala Puskesmas Limo Dokter Winarni Naweng Triwulandari mengatakan, seluruh tenaga medis di Puskesmas Limo sudha menjalani rapid test dan hasilnya pun negatif Covid-19.

“Alhamdulillah tenaga kesehatan semua diperiksa dan hasilnya baik, tidak ada yang positif (Covid-19),” ujar Winarni di Puskesmas Limo, Kamis (26/3/2020).

Lanjut Winarni, setelah menjalani rapid test ini para tenaga kesehatan pun menjadi lebih tenang dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat.

“Kemudian tujuannya adalah untuk memberikan ketenangan tenaga kesehatan selama bekerja, supaya tidak was-was dan lain-lain. Karena kalau was-was kan nafas juga kerjanya nggak enak, dan melayani pasien kurang optimal,” tambahnya.

Kemudian, Winarni menuturkan pihaknya pun sudah menangani sejumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Puskesmas Limo.

“Jadi kami punya sejumlah ODP, tapi kami gak bisa sebut jumlahnya. Beberapa sudah mulai ada yang khawatir kok begin, kok begitu, nah ini sekarang dengan adanya tes ini kami bisa menjawab bahwa nanti kaya begini loh hasilnya, itu tujuannya,” jelasnya.

Satu persatu, Winarni pun sudah menghubungi warga yang berstatus ODP dan terdaftar di Puskesmas Limo untuk menjalani rapid test Covid-19.

“Kami langsung kontak orang-orang yang harus dikontak (ODP) dan kami kumpulkan datang semua, ada yang takut-takut tapi setelah ketemu alhamdulillah mereka lebih tenang,” bebernya.

“Kebetulan Puskesmas Limo perdana nih kebagiannya, bahkan mungkin lebih tahu teman media dulu daripada kami. Namun kami siapkan cepat-cepat dibantu dokter Adisti. Kami langsung kontak orang-orang yang harus dikontak dan kami kumpulkan datang semua, ada yang takut-takut tapi setelah ketemu alhamdulillah mereka lebih tenang,” ujarnya.

Penulis: Dwi putra kesuma
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved