Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Ini Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Donasi Makanan Disaat Pandemi Corona

Sebagaimana diketahui, covid-19 bisa menyebar melalui cairan pernafasan atau droplet yang keluar melalui bersin atau batuk.

ZOOB
Ilustrasi Makanan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Chef Degan Septoadji menyarankan ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin memberikan donasi makanan di tengah pandemik corona.

Pria yang dikenal sebagai Juri Masterchef Indonesia ini mengatakan agar makanan yang dikirimkan untuk para tenaga medis sebaiknya memiliki asupan nutrisi yang seimbang.

Mulai dari karbohidrat, serat, hingga protein. Kualitas bahan makanan, juga perlu untuk diperhatikan.

"Kita harus pastikan bahwa masakan itu seimbang dari segi nutrisi. Harus punya karbo. Misalnya nasi atau kentang, mie atau pasta juga bisa. Kemudian juga punya serat. Serat lewat sayuran yang segar, dan proteinnya. Apakah telur, tahu, tempe, ikan, daging, atau ayam, itu penting," kata Chef Degan, Sabtu (28/3/2020)

Selain mengutamakan bahan makanan, iya menyebutkan penting bagi kita untuk memperhatikan proses penyajiannya.

Jangan lupa, bahwa makanan yang sehat bukan hanya terdiri dari bahan makanan yang berkualitas dan bernutrisi tinggi saja. Melainkan juga dengan memperhatikan kebersihan saat makanan itu dimasak.

"Kalau mau memberi sesuatu khususnya makanan, harus sehat dan kedua kita harus bersih. Seperti cuci tangan di setiap saat, memudian pakaian kita hersih, alat-alat kita juga dijaga agar tetap bersih," katanya.

Sebagaimana diketahui, covid-19 bisa menyebar melalui cairan pernafasan atau droplet yang keluar melalui bersin atau batuk.

Untuk menjaga makanan kita tetap higienis, sebaiknya kita mengenakan masker ketika memproduksi makanan tersebut.

Kamupun juga bisa menggunakan pelindung kepala untuk menghindari terpaparnya rambut ke dalam makanan.

Selain itu juga penting bagi kita untuk rutin mencuci tangan serta menyediakan hand sanitizer di mobil untuk petugas yang mengantar makanan.

"Misalnya kalau kita pakai bungkusan sterofoam, pastikan pakai yang baru kemudian itu harus di tata dengan benar. Tutup yang rapih, lalu siapapun yang akan bungkusin makanan itu harus bersih juga. Harus sering cuci tangan, harus pakai masker, kalau bisa rambut ditutup pakai cap khusus," kata dia.

"Sopirnya pun harus bersih. Harus sering cuci tangan, pas antar pakai sarung tangan dan masker. Di mobil sediakan hand sanitizer. Jadi siapapun yang antar harus ada hand sanitizer di mobil," pungkasnya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved